Daftar Produk Terlaris di Shopee, Tokopedia, Blibli hingga Lazada

Desy Setyowati
29 Maret 2023, 10:28
Lazada, Tokopedia, Shopee, blibli, jd.id. bukalapak
Katadata/Desy Setyowati
Lazada, Tokopedia, Shopee

Konsumen di Indonesia rata-rata berbelanja Rp 475.810 per bulan di e-commerce selama semester II 2022, menurut laporan Jakpat. Produk yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID yakni kategori fashion.

“Segmen yang berbelanja lebih dari Rp 475.810 yakni laki-laki, gen X, dan milenial,” demikian dikutip dari laporan Jakpat, Selasa (28/3).

Sedangkan jenis produk yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Produk yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID selama Semester II 2022
Produk yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID selama Semester II 2022 (Jakpat)

Bank Indonesia (BI) mencatat data sementara nilai transaksi e-commerce sepanjang 2022 Rp 476,3 triliun atau naik 19% secara tahunan (year on year/yoy). Ini di bawah perkiraan awal Rp 489 triliun.

Sedangkan volume transaksi yakni 3,5 miliar.

Pertumbuhan transaksi e-commerce tahun lalu melambat dibandingkan 2021 yang naik 33,2%.

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono menilai, ada beberapa faktor yang menyebabkan nilai transaksi e-commerce tahun lalu tidak sesuai perkiraan, yakni:

  1. Menjamurnya tren social commerce ata berjualan lewat media sosial seperti TikTok, Whatsapp hingga Facebook
  2. Kemungkinan karena kenaikan biaya transaksi di e-commerce, sehingga lebih murah berbelanja di media sosial
  3. Aturan pembatasan mobilisasi berkurang, sehingga konsumen beralih ke offline

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...