TikTok Diperkirakan Siapkan Biaya Diskon Rp 12 T untuk Kalahkan Shopee

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 10:58
TikTok, Tokopedia, Shopee
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

TikTok diperkirakan menggelontorkan insentif seperti untuk diskon, US$ 600 juta – US$ 800 juta (Rp 9 triliun - Rp 12 triliun) per tahun. Perusahaan Cina ini menargetkan menjadi yang terdepan di Indonesia, bersaing dengan Shopee, Lazada hingga Tokopedia.

“TikTok menghabiskan banyak uang saat ini untuk insentif bagi pembeli dan penjual, yang mungkin tidak berkelanjutan,” kata analis senior di Phillip Securities Research Jonathan Woo dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (26/5).

Jonathan Woo memperkirakan insentif yang disiapkan TikTok US$ 600 juta - US$ 800 juta per tahun atau sekitar 6% - 8% dari target nilai transaksi bruto alias gross merchandise value (GMV) US$ 10 miliar tahun ini.

Sementara Shopee mengurangi bakar uang 51,7% secara tahunan atau year on year (yoy) selama Januari – Maret menjadi US$ 338 juta atau sekitar Rp 5 triliun.

Di Singapura misalnya, TikTok Shop membebaskan biaya komisi bagi penjual. Pedagang hanya diharuskan membayar biaya pembayaran 1%.

Data dari perusahaan analisis aplikasi Apptopia pun menunjukkan, jumlah unduhan aplikasi TikTok Shop Seller Center melonjak di Indonesia selama satu tahun terakhir. Namun TikTok Shop akan menaikkan biaya komisi di Indonesia mulai Juni.

Selain itu, beberapa harga produk di TikTok Shop terpantau lebih murah ketimbang Shopee. Tisu toilet empat lapis dari Nomieo misalnya, dibanderol SG$ 5,80 di TikTok dan SG$ 16,80 di Shopee di Singapura.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, harga satu dus Indomie di TikTok Shop dan Shopee di kisaran Rp 100.000 – Rp 120.000. Namun TikTok Shop menawarkan diskon Rp 50.000 untuk pengguna baru.

Namun, “TikTok Shop masih sangat baru dan dalam fase ‘bakar uang’ untuk tumbuh yang mungkin bukan pertanda baik di pasar saat ini,” ujar Jonathan Woo.

Jonathan Woo juga mencatat, fitur TikTok Shop belum selengkap Shopee dan Lazada. Kedua e-commerce ini banyak berinvestasi di layanan logistik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...