Live Shopping Shopee hingga TikTok Tren, Startup Studio Bermunculan

Desy Setyowati
12 Juli 2023, 12:02
live shopping, TikTok, Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi TikTok dan Shopee

Shopee dan TikTok Shop menggencarkan model berbelanja secara langsung atau live shopping. Tren ini mendorong startup lain menyediakan layanan studio.

Sirclo misalnya, menyediakan layanan live commerce di Taman Tekno, Tangerang Selatan. Startup e-commerce enabler ini bekerja sama dengan TikTok.

Pemilik merek atau brand dapat memanfaatkan TikTok Shop sebagai saluran yang efektif untuk menjalankan kampanye penjualan interaktif, memperluas jangkauan pasar produk, dan membangun presensi kuat. 

CEO Enterprise Solutions Sirclo Danang Cahyono mengatakan, integrasi dengan TikTok Shop melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi alias Application Programming Interface (API) membantu banyak pemilik merek dalam mengoptimasi fitur.

“Pengembangan layanan live commerce merupakan dampak dari meningkatnya permintaan dan perubahan perilaku konsumen yang signifikan selama setahun terakhir. Oleh karena itu, kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan brand memanfaatkan peluang besar ini,” kata Danang dalam keterangan pers, Selasa (11/7).

Philips misalnya, mencatatkan peningkatan traffic rata-rata per bulan hingga enam kali lipat untuk Philips Avent dan 30 kali lipat bagi Philips E-store. Selain itu, kenaikan jumlah pengikut baru 80% yang diperoleh secara organik melalui sesi live commerce.

Tahun lalu, startup Jet Commerce meresmikan pusat live streaming di Pluit, Jakarta Utara. Fasilitas ini memiliki luas 515 meter persegi, berisikan 14 studio live streaming dengan desain studio yang dapat dikustomisasi sesuai kategori produk dan identitas mitra merek.

Di setiap studio terdapat berbagai fasilitas penunjang live streaming seperti perangkat Open Broadcaster Software (OBS) untuk meningkatkan kualitas video, set pencahayaan lengkap, serta berbagai peralatan syuting lainnya.

Live Shopping di E-Commerce Jadi Tren

Shopee dan TikTok Shop gencar memberikan promosi untuk transaksi melalui fitur live streaming. Selama periode kampanye 7.7, Shopee memberikan diskon 50% hingga Rp 30.000 setiap hari mulai pukul 20.00 – 24.00 WIB.

TokoPapaRaffi dengan duta merek Raffi Ahmad misalnya, mencatatkan total transaksi atau pesanan hingga tujuh miliar hanya dalam sehari. “Banyak streamer dan penjual lain yang memanfaatkan Shopee Live di puncak kampanye 7.7 dan merasakan respons luar biasa hingga dapat meningkatkan penjualan harian lebih dari 50 kali lipat dibandingkan tahun lalu,” kata Shopee dalam keterangan pers, Senin (10/7).

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, fitur live shopping mendapatkan respons positif dari para pelaku usaha dalam memanfaatkan Shopee Live sebagai wadah pemasaran dan penjualan yang bisa meningkatkan performa bisnis.

Oleh karena itu, Monica menyatakan Shopee berkomitmen untuk terus memajukan industri live streaming di Indonesia dengan menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang memberikan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee.

Sementara TikTok mengadopsi konsep Shoppertainment, yaitu perdagangan berbasis konten yang mengutamakan hiburan dan edukasi sekaligus mengintegrasikan konten dan komunitas.

Head of Global Business Solutions, Asia Pacific, Middle East, Africa & Central Asia TikTok Shant Oknayan mengatakan, potensi bisnis belanja shoppertainment termasuk live streaming di Indonesia US$ 27 miliar atau sekitar Rp 405 triliun pada 2025. Di Asia Pasifik, nilainya bisa mencapai US$ 1 triliun.

Data tersebut berdasarkan studi TikTok dan Boston Consulting Group (BCG) yang bertajuk ‘Shoppertainment: APAC's Trillion-Dollar Opportunity’ di seluruh pasar Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Jepang.

Analisis BCG memprediksi pertumbuhan tahunan gabungan alias Compound Annual Growth Rate (CAGR) Shoppertainment 63%. Ada tiga pasar penyumbang teratas di Asia Pasifik, yaitu Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...