Modal Ventura Telkom, BCA, Asal Korea, Belanda Bergabung, Bidik Rp 3 T

Lenny Septiani
22 September 2023, 11:14
telkom, bca, startup, Ascent Venture Group
Ascent
Peluncuran Ascent Venture Group

Centauri Fund dan Arise Fund yang dikelola oleh anak usaha milik Telkom yakni MDI Ventures resmi digabung menjadi Ascent Venture Group. Ascent menargetkan bisa menggalang US$ 200 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Centauri Fund merupakan perusahaan dana modal ventura hasil kerja sama Telkom Indonesia melalui MDI Ventures dengan KB Financial Group, perusahaan asal Korea Selatan. Centauri Fund berkantor di Jakarta, Indonesia dan Seoul, Korea Selatan.

Advertisement

Sementara Arise Fund merupakan hasil kerja sama MDI Ventures dengan modal ventura asal Belanda, Finch Capital. Arise Fund menargetkan investasi ke startup tahap awal.

ARISE dan Centauri didirikan pada 2019. Modal ventura gabungan keduanya, Ascent dikelola oleh para pengusaha dan investor teknologi berpengalaman yakni Aldi Adrian Hartanto, Hans De Back, Kenneth Li, dan Eric Yoo atau  Jung Ho yang mewakili KB Investments. 

KB Investments dan MDI Ventures berperan sebagai mitra strategis bersama dalam mendukung Ascent Fund III yang diluncurkan bersamaan dengan kolaborasi antara ARISE dan Centauri.

Ascent Venture Group adalah platform modal ventura yang memiliki misi untuk membina, memajukan, dan memperluas ekosistem inovasi di Asia Tenggara dan sekaligus mengubah kehidupan masyarakat.

Modal ventura tersebut juga mengumumkan Central Capital Ventura atau CCV di bawah BCA, sebagai mitra. Kerja sama ini disebut akan memperkuat sinergi ekosistem di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Ascent merupakan platform usaha dengan empat mitra, 10 profesional investasi, dan tim operasional pendukung yang berbasis di Jakarta, Singapura, dan Seoul. Mereka juga memiliki akses ke ekosistem dengan nilai miliaran dolar di Asia Tenggara.

Ascent mengelola dana dan menjadi kendaraan investasi yang berinvestasi di startup teknologi atau berbasis teknologi di Asia Tenggara, dengan fokus pada putaran investasi tahap awal. 

Ascent didukung oleh sovereign wealth fund, investor institusi, perusahaan keluarga, dan korporasi.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan Ascent merupakan perwujudan komitmen perusahaan dalam mendukung ekosistem pendanaan startup tahap awal di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus mendukung inovasi korporasi.

Donald menyampaikan, Ascent akan fokus berinvestasi pada startup yang sifatnya high-growth atau memiliki potensi untuk tumbuh cepat dan tinggi di Indonesia hingga kawasan Asia Tenggara. 

“Pendekatan investasi Ascent menggabungkan wawasan dari ekosistem, networking, dan sumber dayanya yang ekstensif untuk dimanfaatkan oleh para founder dalam membangun bisnis yang dapat bertumbuh secara berkelanjutan,” ujar Donald dalam keterangan pers, Sabtu (16/9).

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement