Viral DC Cakung Shopee di TikTok dan Instagram, Apa Itu?

Lenny Septiani
21 Desember 2023, 13:54
DC Cakung Shopee, shopee,
X @sosmedkeras
DC Cakung Shopee

DC Cakung Shopee viral di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Twitter atau X. Apa itu?

'Mahkotamu masih di DC Cakung, King' merupakan salah satu contoh kalimat candaan yang berseliweran di media sosial.

DC merupakan kepanjangan dari distribution center. DC Cakung merupakan gudang sortir paket Shopee Express yang berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Paket yang dibeli masyarakat melalui Shopee dengan pengiriman jasa Shopee Express biasanya akan transit di DC Cakung, sebelum akhirnya menuju ke lokasi masing-masing paket di Jabodetabek.

Konsumen dapat melacak posisi paket pada informasi pengiriman paket di aplikasi Shopee. DC Cakung kerap ditemukan pada informasi lokasi paket.

“Pesanan telah sampai di lokasi sortir Cakung DC,” demikian bunyi informasi pengiriman itu.

Meskipun lokasi toko dan alamat rumah berdekatan, biasanya paket akan terlebih dahulu disortir di gudang ini.

Hal ini pun membuat netizen menjadikan DC Cakung sebagai bahan candaan.

Viralnya DC Cakung di media sosial seiring tingginya transaksi e-commerce di Indonesia. J&T Express tercatat menjadi layanan logistik yang paling banyak digunakan oleh generasi milenial dan gen Z di e-commerce. 

Populix melakukan survei terhadap 1.577 responden selama Juni. Sebanyak 46% gen Z, 49% generasi milenial, dan 5% gen X. Separuh dari mereka merupakan pekerja. Ada juga yang menjadi pengusaha dan pelajar.

Berdasarkan laporan tersebut, layanan logistik J&T Express lebih banyak dipilih oleh generasi milenial dan gen Z.

Layanan logistik yang paling sering digunakan oleh gen Z saat berbelanja online di e-commerce yakni:

  • J&T Express 58%
  • Shopee Express 32%
  • JNE 27%
  • SiCepat 23%
  • Gosend 7%
  • GrabExpress 4%
  • Ninja Express 4%
  • Pos Indonesia 3%
  • TIKI 2%
  • Wahana 1%
  • Paxel 1%
  • Indah Logistik 0%
  • Shipper 0%
  • Lalamove 0%

Sementara layanan logistik yang paling sering dipakai oleh milenial saat berbelanja online di e-commerce di antaranya:

  1. J&T Express 55%
  2. JNE 34%
  3. Shopee Express 18%
  4. SiCepat 17%
  5. Gosend 16%
  6. GrabExpress 8%
  7. Pos Indonesia 7%
  8. TIKI 6%
  9. Wahana 6%
  10. Ninja Express 3%
  11. Indah Logistik 3%
  12. Paxel 2%
  13. Shipper 1%
  14. Lalamove 0%

Alasan mereka memilih J&T Express yakni:

  • Lokasi agen dekat
  • Kecepatan pengiriman
  • Cakupan luas
  • Bisa dipantau secara online
  • Ada layanan tambahan
  • Ada banyak variasi layanan pengiriman

Barang yang paling sering dikirim saat bertransaksi di e-commerce yaitu:

  1. Makanan 80%
  2. Pakaian 50%
  3. Gadget 30%
  4. Peralatan kesehatan dan obat-obatan 23%
  5. Peralatan elektronik 20%

Sementara barang yang paling sering dikirim secara pribadi atau langsung di antaranya:

  • Pakaian 63%
  • Makanan 46%
  • Obat-obatan 25%
  • Gadget 15%
  • Peralatan elektronik 12%

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...