Aliansi Gojek dengan Blue Bird Berpeluang Kuasai Pasar Transportasi

Cindy Mutia Annur
17 Februari 2020, 19:55
Analis Ungkap Peluang Gojek dan Blue Bird Kuasai Pasar Transportasi
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi Blue Bird.

Gojek memperpanjang kerja sama dengan Blue Bird pada awal Februari lalu. Analis saham mengungkap peluang kolaborasi yang bisa digarap kedua perusahaan dan potensi memperluas pasar.

Kedua perusahaan itu bekerja sama sejak 2017, di mana layanan Blue Bird bisa dipesan lewat aplikasi Gojek. Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, cakupan kolaborasi kini diperluas menjadi integrasi sistem pemesanan layanan dan pembayaran.

“GoPay menjadi salah satu metode pembayaran Blue Bird melalui standardisasi kode Quikc Response (QRIS) dan aplikasi My Bluebird,” kata Nila kepada Katadata.co.id, hari ini (17/2).

(Baca: Gojek Dikabarkan Beli 4,3% Saham Blue Bird Senilai Rp 410 Miliar)

Marketing Director Blue Bird Amelia Nasution mengatakan, perusahaan dapat menjalankan strategi pemesanan dan pembayaran lewat banyak saluran (multiple booking channel and multiple payment channel). “Kerja sama dengan Gojek akan memperkuat kedua strategi tersebut,” kata dia.

Emiten di sektor transportasi itu sebenarnya sudah bekerja sama dengan DANA dan LinkAja terkait pembayaran. Blue Bird juga mengembangkan teknologi untuk menerapkan skema tarif tetap (fixed rate) seperti taksi online.

Skema tarif tetap sudah diuji coba di beberapa wilayah, salah satunya Palembang pada 2018 lalu. Namun, sebagian besar menerapkan skema pembayaran berdasarkan argo.

Analis Indo Premier Sekuritas mengatakan, perpanjangan kerja sama itu terjadi karena Gojek menjadi pemegang saham minoritas Blue Bird. Porsinya kurang dari 5%.

(Baca: Tinggalkan Argo, Bluebird Siap Adopsi Skema Tarif Taksi Online)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...