Kembali ke Level 6.000, IHSG Hari Ini Diprediksi Naik Lagi

IHSG menguat dua hari berturut-turut, dan menyentuh level Rp 6.000. Analis memperkirakan indeks kembali naik hari ini, dan merekomendasikan saham media, infrastruktur hingga energi.
Image title
3 Juni 2021, 06:06
Kembali ke Level 6.000, IHSG Hari Ini Diprediksi Naik Lagi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Petugas kebersihan melintas di depan layar IHSG, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/5/2021).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 1,41% ke level 6.031 pada perdagangan Rabu (2/6). Analis memperkirakan bahwa IHSG kembali menguat pada hari ini.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal, IHSG berpotensi melanjutkan momentum positif. Ia memperkirakan, indeks bergerak pada area support dan resistance 5.985 sampai 6.078.

Menurutnya, ada beberapa saham yang dapat dicermati secara teknikal seperti Adaro Energy (ADRO), Bumi Serpong Damai (BSDE), Ciputra Development (CTRA), Wijaya Karya (WIKA), dan Waskita Karya (WSKT).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga mengatakan, ada potensi IHSG naik jangka pendek secara teknikal. Setidaknya indeks akan bergerak pada area resistance 6.057 hingga 6.044, serta support 6.004 sampai 5.977.

"Investor akan berfokus pada saham yang membagikan dividen dalam jangka waktu dekat," kata Dennies.

Ia menyampaikan, beberapa saham yang bisa menjadi perhatian investor di antaranya Media Nusantara Citra (MNCN), Surya Citra Media (SCMA), dan Medco Energi Internasional (MEDC).

Sedangkan CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan bahwa IHSG hari ini berpotensi mengalami koreksi wajar. Berdasarkan analisis secara teknikal, indeks bisa bergerak di rentang level 5.913 dan 6.123.

Ia mencatat, kenaikan jangka pendek pada indeks sudah terbatas. Namun IHSG berhasil menggeser rentang konsolidasi ke arah lebih baik.

"Hal itu juga ditopang oleh data perekonomian yang dirilis, yang masih menunjukkan stabilnya kondisi perekonomian Indonesia," katanya.

Berdasarkan analisis William, ada beberapa saham yang bisa diperhatikan oleh pelaku pasar hari ini, yaitu Bank Central Asia (BBCA), Semen Indonesia (SMGR), Gudang Garam (GGRM), dan Alam Sutera Realty (ASRI).

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait