Ekonomi Indonesia Bergerak Naik, Infrastruktur Serap 1,2 Juta Pekerja

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
3 Juni 2021, 08:23
Ekonomi Indonesia Bergerak Naik, Proyek Infrastruktur Serap 1,2 Juta Pekerja
KPC PEN/Kementerian Komunikasi dan Informasi
Terus bekerja: Pemerintah hendak terus menggenjot kinerja berbagai sektor guna menaikkan laju tingkat perekonomian, sebagai salah satu cara untuk bangkit dari hempasan badai ekonomi akibat pengaruh pandemi Covid-19, demikian hasil sebuah diskusi virtual yang bertajuk Dialog Produktif Akselerasi PEN Dorong Pembangunan yang digelar Rabu oleh KPCPEN. Diskusi diikuti oleh perwakilan dari pemerintah dan pakar ekonomi.

Jakarta-Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal 1 2021 mulai bergerak naik ke angka -0,74 persen, dari yang tadinya -2,19 persen di kuartal IV 2020. Tren menggembirakan ini bahkan membuat Presiden Joko Widodo berharap bahwa angka pertumbuhan ekonomi dapat mencapai angka lebih dari 7 persen di kuartal kedua nanti.

Gayung bersambut, staf ahli menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja menyatakan kementeriannya, sebagai salah satu ujung tombak pembangunan, mendukung upaya perbaikan ekonomi, dengan cara terus mengerjakan berbagai proyek infrastruktur selama pandemi berlangsung.

“Karena dengan pembangunan infrastruktur akan menciptakan lapangan kerja dan industri di sekitarnya juga turut tumbuh selama proses pembangunan berlangsung,” jelas Endra.

Endra, berbicara pada sebuah diskusi virtual, menyatakan bahwa terkait dengan upaya pemulihan ekonomi nasional, kementeriannya berfokus pada 5 program prioritas nasional selama pandemi, dan salah satunya adalah program padat karya tunai senilai Rp23,24 triliun dalam rangka membuka lapangan pekerjaan sampai ke pelosok pedesaan melalui 20 kegiatan seperti, reservasi jalan, perbaikan drainase, mengecat jembatan dan lain-lain.

“Realisasi proyek sudah mencapai 40 persen dan perkirakan bisa menyerap 1,2 juta tenaga kerja,” ujar Endra pada diskusi bertajuk Dialog Produktif Akselerasi PEN Dorong Pembangunan, yang diselenggarakan oleh KPCPEN pada Rabu.

Adapun fokus lainnya dari Kementerian PUPR di masa pandemi adalah pembangunan sarana dan prasarana pariwisata dengan alokasi sebesar Rp3,8 triliun.

Ada dua lokasi pariwisata yang pembangunannya telah diselesaikan sejak akhir 2020, yaitu proyek Gerbang Klangon di Kulon Progo, Yogyakarta dan proyek revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Dua proyek bernilai puluhan milyar rupiah ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru yang mampu mengundang turis dan menghidupkan roda perekonomian lokal.

Pembangunan proyek ketahanan pangan Rp34,3 triliun, pembangunan infrastruktur sektor Informasi, Komunikasi dan Teknologi Rp420 miliar, dan pembangunan kawasan industri Rp9,83 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...