Lima Juta Vaksin Tiba di Tanah Air, TNI Lakukan Serbuan Vaksinasi

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
17 Agustus 2021, 08:15
Pemerintah kembali mendatangkan 5 juta vaksin jadi buatan Sinovac pada Senin (16/8/2021), sehingga total jumlah keseluruhan vaksin yang sudah tiba mencapai 190 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun jadi. (Kominfo/KPC PEN)
KC PEN
Pemerintah kembali mendatangkan 5 juta vaksin jadi buatan Sinovac pada Senin (16/8/2021), sehingga total jumlah keseluruhan vaksin yang sudah tiba mencapai 190 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun jadi. (Kominfo/KPC PEN)

Jakarta, 16 Agustus 2021 - Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 pada Senin (16/8/2021). Sejumlah 5.000.000 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dalam bentuk jadi tiba di tanah air. Sehingga total jumlah vaksin yang datang ke Indonesia menjadi sekitar 190 juta dosis, baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun vaksin jadi.

Menurut Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen Syafruddin, kedatangan vaksin ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan stok vaksin Covid-19 yang dipergunakan dalam program vaksinasi nasional. Dia menambahkan, TNI bersama Polri, telah mendapatkan amanat langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung program penanganan Covid-19, termasuk program vaksinasi nasional. Salah satu perwujudannya, TNI telah melaksanakan vaksinasi melalui fasilitas kesehatan TNI di 803 rumah sakit dan fasilitas tingkat I di seluruh Indonesia. TNI bekerja sama dengan pihak swasta melakukan serbuan vaksinasi mobile, dengan vaksinasi dosis pertama 8.489.210 orang dan dosis kedua 1.346.404 orang.

Advertisement

Dengan menyerahkan vaksinator TNI sebanyak 10.867 personel. Memasuki Agustus ini, lanjut Syafruddin, program vaksinasi nasional semakin diperluas dan dipercepat dengan target 2 juta dosis per hari. Hingga hari ini, lebih dari 53 juta orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. "Itu artinya sekitar 25 persen dari target atau sasaran vaksinasi yang berjumlah 208 juta penduduk Indonesia untuk bisa membangun herd immunity atau kekebalan kelompok," ujarnya.

Dia juga mengingatkan, selain vaksinasi, yang tidak boleh dilupakan adalah disiplin pada protokol kesehatan dengan menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker dan mematuhi aturan pembatasan mobilitas yang ditetapkan pemerintah. Menjelang peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-76 ini, sekaligus menegaskan kembali tentang status sebagai bangsa pejuang. Kini, berjuang dan berhadapan dengan pandemi.

 "Sebagaimana dulu kita merdeka dari penjajah, kini juga kita optimistis akan merdeka dari pandemi," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Operasi Kapolri, Irjen Imam Sugianto menambahkan, Polri dan TNI bersama-sama siap mendukung percepatan vaksinasi melalui serbuan vaksinasi di seluruh Indonesia. Dia menjelaskan, jumlah vaksin yang sudah terdistribusi ke Polri dari Februari 2021 sampai 14 Agustus 2021 sebanyak 12.391.320 dosis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement