Pekerja Indonesia Siap Bekerja Jarak Jauh Dalam Waktu Lama: Survei

Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
8 September 2021, 13:03
Pekerja Indonesia siap bekerja jarak jauh dalam waktu lama: Survei
Katadata

Jakarta - Satu tahun berada dibawah kungkungan pandemi Covid-19 tidak selalu berarti cerita duka. Pandemi justru mempercepat berbagai inovasi dan transformasi terjadi pada berbagai bidang. Penyesuaian cara bekerja menjadi salah satunya. Pengusaha dan pekerja sibuk bereksperimen untuk menyiasati keadaan dan peraturan berbeda yang senantiasa diterbitkan pemerintah selama pandemi supaya tetap dapat memberi performa kerja maksimal.

Keterbatasan ruang gerak sosial juga memaksa para pekerja untuk siap dan bisa bekerja dari manapun. Sebuah survei yang dilakukan oleh Dell Technologies melalui lembaga survei global Kantar yang dirilis pada awal tahun ini menggambarkan kesiapan para pekerja di Indonesia untuk bekerja jarak jauh dalam waktu yang lama.  

Survei dilakukan tahun lalu dengan mewawancarai lebih dari 7.000 pekerja dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik dan Jepang, yang 1.030 diantaranya merupakan pekerja dari Indonesia.

Hasil survei ini menemukan bahwa setidaknya 8 dari 10 orang pekerja Indonesia menyatakan mereka telah siap untuk bekerja jarak jauh dalam waktu yang lama. Apalagi, 75 persen dari para pekerja yang disurvei juga menyatakan bahwa mereka telah terbiasa dengan kerja jarak jauh sebelumnya. Berdasarkan hasil temuan survei, paling tidak para pekerja ini terbiasa bekerja jarak jauh empat hari dalam sebulan, jauh sebelum pandemi.

Akan tetapi, para pekerja juga menyimpan kekhawatiran, khususnya perihal makin terkikisnya batas tegas antara kehidupan profesional dan personal mereka. 33 persen pekerja menyatakan bahwa kehidupan personal mampu menjadi penyeimbang bagi mereka dalam bekerja.

Selain itu, kurangnya interaksi dengan teman dan rekan sejawat di kantor, juga menjadi kekhawatiran 26 persen responden. Pola interaksi yang minim dianggap mampu memicu perasaan ketidak nyamanan dan keamanan dalam bekerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...