Lima Cara Mengatasi Handphone Android Cepat Panas

Fitur handphone saat ini memang kebanyakan menggunakan koneksi internet
Dicky Christanto W.D
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
16 Januari 2023, 13:57
HP Android
Katadata (Courtesy of Indotimes.net)

Apabila hp android anda cepat panas maka ini sebenarnya disebabkan oleh mekanisme pemakaian energi baterai oleh handphone. Prinsipnya ini apabila daya baterai dipakai tentu akan membuat handphone menjadi panas, baik itu handphone jadul ataupun handphone canggih sekalipun.

Seperti halnya handphone android, smartphone iPhone tentu mempunyai berbagai macam aplikasi yang dijalankan oleh processor dan akan menguras tenaga baterai. Hal inilah mengakibatkan handphone cepat menjadi panas. Fitur handphone saat ini memang kebanyakan menggunakan koneksi internet.

Sebab, tanpa adanya koneksi internet pun handphone tetap saja dapat menjadi panas kalau terdapat aplikasi yang digunakan dengan lama. Seperti pada penggunaan dalam bermain game, mendengarkan musik ataupun menyaksikan film. Bagaimana solusi mengatasi handphone cepat panas?

Cara Mengatasi Hp Android Yang Cepat Sekali Panas

Dalam cara mengatasi hp android cepat panas ini anda dapat melakukannya dengan 5 cara di bawah ini. Cara-cara di bawah ini kami yakin dapat membantu anda, bukan hanya untuk hp android saja, namun juga ini seluruh handphone lainnya.

Dilansir dari laman bestproduct.id, yang membahas berbagai macam review hp terbaik. Berikut cara mudah mengatasi HP android cepat panas yang bisa Anda lakukan.

Periksalah kualitas baterai

Apabila baterai handphone anda telah tua, maka tentu saja ini akan membuat baterai lekas habis dan menimbulkan panas. Oleh karena itu, gantilah baterai yang telah soak tersebut dengan menggunakan baterai original sesuai dengan kapasitas daya baterai bawaan.

Periksa sinyal handphone anda

Apabila sinyal pada tempat anda sedang naik turun dan ponsel anda kesulitan dalam memperoleh sinyal, maka ini ada komponen di dalamnya yang bekerja lebih keras dalam memproleh sinyal. Sebaiknya anda tidak memakai handphone android untuk browsing apabila sinyal handphone anda sedang lemah.

Coba lihat kondisi lingkungan anda

Apabila udara dalam ruangan anda kelewat pengap dan panas, ini akan membuat handphone anda menjadi panas. Oleh karena itu, gunakan handphone android anda pada area yang sejuk. Jauhkanlah hp dari perangkat lain misalnya dari PC ataupun laptop sebab alat elektronik ini dapat menyulut panas berlebihan pada handphone android.

Gunakan android dengan benar

Solusi mengatasi handphone cepat panas selanjutnya adalah cobalah untuk menggunakan HP android anda dengan benar. Sebab, jika android digunakan tanpa henti sama sekali untuk chatting, SMS dan menelpon berbarengan maka akan membuat android menjadi panas. Gunakanlah android anda dengan benar dan wajar apabila ingin mengirimkan SMS maka putuskanlah koneksi chatting yang sedang berjalan.

Aplikasi yang bekerja pada background

Yang terakhir adalah dengan menutup aplikasi lewat menekan tombol back dengan berulang-ulang namun masih saja sejumlah aplikasi yang tetap aktif pada background. Sebab, faktor inilah yang dapat menjadikan handphone anda menjadi lekas panas.

Itulah informasi cara mengatasi hp android cepat panas yang dapat anda lakukan. Untuk mendapatkan informasi berita menarik lainnya Anda bisa mengunjungi situs indotimes.net. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait