DBS Tingkatkan Kepedulian Wirausaha Sosial Lewat Pay It Forward

DBS Indonesia menginisiasi sebuah program bernama Pay It Forward.
Image title
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
7 Januari 2022, 15:46
Praxis 12
Katadata

Jika ada satu hal baik yang bisa dipelajari selama satu setengah tahun ke belakang, adalah betapa masyarakat Indonesia sebenarnya memiliki budaya bahu-membahu yang sangat kuat.

Kaum wirausaha sosial merupakan salah satu pihak yang merasakan imbas pandemi yang cukup besar. Namun, banyak pihak juga memutuskan untuk membantu kaum wirausaha sosial ini, di tengah kesulitannya masing-masing.

Sebagai salah satu bank terkemuka yang memiliki misi menciptakan perubahan positif untuk lingkungan dan masyarakat, Bank DBS Indonesia juga ambil bagian dalam menjaga keberlangsungan bisnis wirausaha sosial di masa sulit ini.

Bermitra dengan DBS Foundation, tim Consumer Banking Group DBS Indonesia menginisiasi sebuah program bernama Pay It Forward. Program ini menyoroti keberlangsungan wirausaha sosial dengan mempekerjakan masyarakat sekitar yang kurang beruntung sambil menjaga kelestarian alam.

Program ini akan menjadi penghubung antara orang-orang yang peduli dengan bisnis yang memiliki upaya untuk menciptakan dampak positif di bidang sosial dan lingkungan.

Melalui program Pay It Forward, Bank DBS Indonesia juga berupaya untuk mendorong nasabah DBS Treasures dan DBS Treasures Private Client untuk berkontribusi melalui platform mereka demi mendukung keberlangsungan bisnis tiga wirausaha sosial unggulan yang berada dalam binaan.

Ketiganya adalah SukkhaCitta, brand fashion lokal yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan pelestarian alam; Studio Dapur, produsen peralatan rumah tangga yang menginisiasi pemberdayaan pengrajin bambu di Kaki Gunung Galunggung; dan Krakakoa, produsen produk cokelat berkualitas dengan konsep “Farmer to Bar”.

Ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati jika mengoleksi produk ketiganya lewat program Pay It Forward ini. Saat ini, Studio Dapur, misalnya, sedang menawarkan beberap promo, berupa:

  • Pembelian minimum Rp500.000 menggunakan kode voucher “StudioDapurDBS5” akan mendapatkan diskon sebesar 5%, di mana 5% dari keuntungan akan disumbangkan kepada para pengrajin bambu.
  • Pembelian minimum Rp1.000.000 dengan kode voucher “StudioDapurDBS10” akan mendapatkan diskon 10%, di mana 10% dari keuntungan akan disumbangkan kepada para pengrajin bambu, atau
  • Beragam hadiah apresiasi berupa produk jika berdonasi mulai dari Rp250.000.

Sementara itu untuk Krakakoa, beragam penawaran menarik bagi nasabah adalah:

  • Pembelian produk minimal Rp200.000, nasabah akan mendapatkan diskon sebesar 10% dan donasi bibit kakao, menggunakan kode voucher “dbskrak10”
  • Diskon 10% untuk custom gift box atau custom packaging,
  • Harga spesial Chocolate Subscription Box sebesar Rp699.000 untuk tiga kali pengiriman dari harga asli Rp900.000.

“Kami senang dan bangga karena dapat bekerjasama dengan Bank DBS. Kampanye Pay It Forward sangat membantu dalam meningkatkan jangkauan informasi terhadap program-program kami,” ujar Alain Bunjamin, pendiri Studio Dapur.

Alain juga menyatakan bahwa saat ini lebih banyak orang bisa mengetahui tentang usaha yang dirintisnya dan juga misi yang hendak dicapai. Ia juga mengakui bahwa kerja sama dengan DBS telah menciptakan keterlibatan sosial yang positif.

“Kesejahteraan perajin bambu meningkat dan kelestarian bambu semakin terjaga di Desa Padakembang, Singaparna, Jawa Barat, tempat kami bekerja,” ujarnya.

Wirausaha sosial sangat penting bagi perekonomian negara dan kesejahteraan warga. Mereka menciptakan lapangan pekerjaan serta menimbulkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, mereka juga menaruh perhatian lebih terhadap setiap pelanggannya dan peduli dengan isu-isu yang terjadi di masyarakat.

“Kami membantu ketiga wirausaha sosial ini karena mereka memang layak untuk mendapatkan dukungan lebih,” ujar Festia Pisa Valensia, Head of Segmentation, Liabilities dan Mortgage dari DBS Indonesia.

Ia juga menambahkan bahwa sepak terjang SukkhaCitta, Studio Dapur, maupun Krakakoa dalam menciptakan perubahan positif yang signifikan bagi Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi.

“Lewat program Pay It Forward, kami berharap ke depannya akan dapat membina lebih banyak lagi wirausaha sosial, untuk Indonesia yang lebih baik,” tambahnya.

Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan yang berkesinambungan merupakan DNA dari Bank DBS Indonesia. Oleh karena itu, Bank DBS terus berinovasi dengan mengedepankan keseimbangan antara ekonomi, sosial serta lingkungan.

Upaya tersebut dilakukan Bank DBS Indonesia atas kesadaran akan perannya sebagai lembaga keuangan yang menjalankan bisnis yang berkelanjutan bagi generasi masa depan dan lingkungan hidup.

Hal tersebut juga dilakukan melalui layanan perbankan yang terdepan dan terpercaya, serta dikurasi sesuai dengan kebutuhan nasabah yang seiring dengan perkembangan teknologi.

Bank DBS Indonesia juga menginisiasi gerakan “Towards Zero Food Waste” dalam kampanye #MakanTanpaSisa guna mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurangi dan mengelola sampah makanan.

Melalui upaya tersebut, Bank DBS Indonesia berharap dapat menciptakan dunia yang lebih baik

***

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait