PKT Kantongi Sertifikasi Sistem Level Satu dari Pemerintah Australia

Pengakuan internasional terhadap kualitas kemurnian tertinggi pupuk urea PKT
Dicky Christanto W.D
15 Februari 2023, 17:36
PKT
Katadata (Courtesy of PKT)


Produsen urea dan NPK PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendapatkan sertifikasi sebagai produsen pupuk ramah lingkungan yang bebas dari ketidakmurnian lain selain urea dari Departemen Pertanian Australia.

Sertifikasi ini termasuk dalam kategori fasilitas Status Sistem Level Satu untuk pupuk curah yang mana merupakan pengakuan dari Departemen Pertanian Australia kepada produsen pupuk atas proses penjaminan mutu produk, standar, dan kualifikasi keamanan, khususnya untuk pupuk yang dikirim menggunakan kapal curah ke Australia.

Melalui sertifikasi ini, PKT menjamin pengiriman pupuk dengan risiko biosekuriti rendah sesuai kebijakan Australia mengenai toleransi nol pada kontaminasi pupuk sejak 1995. Pencapaian ini akan dipertahankan hingga 15 Agustus 2025 dengan syarat hasil audit tahunan dari pihak ketiga memadai.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian PKT atas pengakuan Internasional dari pemerintah Australia ini. Capaian ini juga tentu memberikan kebanggaan tersendiri karena terbukti bahwa produk hasil karya anak bangsa sudah mendapatkan pengakuan dan juga bisa bersaing di pasar global,” ujar Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi.

Advertisement

Dalam proses mendapatkan sertifikasi, auditor pihak ketiga yang telah terakreditasi secara independen dan terdaftar di Badan Audit Internasional melakukan penilaian terhadap kepatuhan prosedur, operasi, dan infrastruktur berkelanjutan PKT dengan ketetapan Departemen Pertanian Australia.

Dari hasil audit tersebut, PKT disebut dapat memastikan integritas biosekuriti produk di seluruh rantai pasokan, mulai dari proses produksi hingga pemuatan kapal dan pengirimannya sehingga proses ekspor ke Australia dapat berjalan lebih efektif. Di sisi lain, keberhasilan ini diklaim tak lepas dari upaya transformasi menyeluruh dalam kegiatan operasional PKT, mulai dari pengadaan bahan baku hingga produksi dan distribusi.

“Selain optimisme kami atas potensi ekspor pupuk ramah lingkungan di Asia Pasifik dan kontribusi terhadap devisa negara, kami berkomitmen untuk menjamin pasokan dalam negeri agar terpenuhi baik untuk sektor subsidi maupun non-subsidi guna mendukung ketahanan pangan di Indonesia.” Tutup Rahmad.

Sertifikasi Sistem Level Satu juga disebut menjadi bukti komitmen PKT dalam menghasilkan produk pupuk ramah lingkungan berkualitas dan jaminan penjagaan kualitas produk serta penerapan standar tinggi Environmental, Social, and Governance (ESG).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait