4 Sektor Usaha Sukses Saat Pandemi Berkat Transformasi Digital

Mempertahankan bisnis selama pandemi tidak hanya melalui transformasi digital, juga dibarengi dengan mempersiapkan kerangka keamanan yang mumpuni.
Image title
Oleh Dicky Christanto W.D - Tim Publikasi Katadata
6 Agustus 2021, 09:10

Kondisi pandemi Covid-19 telah memaksa banyak perusahaan lintas sektor untuk memperluas layanannya ke dalam bentuk digital. Alhasil, selama setahun lebih ini, kondisi ekonomi digital di Indonesia berhasil tumbuh sebesar 11 persen.

Salah satu penemuan yang mengejutkan adalah suksesnya beberapa sektor usaha, yang selama ini tidak diunggulkan dalam hal digitalisasi. Mereka mampu menduduki berbagai panggung utama dan melayani kebutuhan masyarakat saat situasi pandemi dimana masyarakat memiliki ruang gerak terbatas.

Demikian pula dengan sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi, yang sebelumnya kurang signifikan perannya dalam mendorong keberhasilan bisnis. Saat ini, posisi ini berada pada posisi terdepan dalam dunia usaha di Indonesia.

Akan tetapi, perpindahan ke dunia digital dalam waktu relatif cepat ini juga dipandang masih tidak ideal. Perpindahan ini meninggalkan berbagai ruang terbuka yang dapat menjadi celah dan sasaran empuk serangan siber.

Edwin Lim, Country Director Fortinet Indonesia mengatakan bahwa banyak perusahaan memilih strategi "bertindak dulu, aman nanti" dalam hal keamanan siber. Fortinet berharap laporan ini bisa menunjukkan bahwa untuk mempertahankan bisnis selama pandemi tidak hanya melalui transformasi digital, juga dibarengi dengan mempersiapkan kerangka keamanan yang mumpuni.

Klik disini untuk cari tahu bagaimana Fortinet dapat membantu perusahaan Anda memiliki keamanan siber terbaik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.