Vaksin Sekali Suntik Disarankan Untuk Kelompok Rentan

Vaksin sekali suntik memudahkan kelompok rentan yang dihadapkan sejumlah keterbatasan kondisi.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Publikasi Katadata
24 September 2021, 19:24

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengalokasikan vaksin sekali suntik untuk kelompok rentan, seperti masyarakat adat dan penyandang disabilitas. Salah satu vaksin yang dapat digunakan adalah Vaksin Janssen dari Johnson & Johnson.

Sebab, menurut Koalisi yang sudah membantu pemerintah menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat adat dan kelompok rentan di lebih dari 30 kabupaten/kota ini, menggelar vaksinasi, terlebih di luar jawa bukanlah hal mudah. Terdapat berbagai faktor seperti jarak jauh yang ditempuh menuju lokasi vaksin, kondisi jalan, hingga sarana transportasi yang minim membuat warga mengurungkan niatnya untuk di vaksin.

Selain itu, vaksin sekali suntik akan lebih efisien dan bermanfaat bagi pemerintah juga penerima vaksin. Karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya bagi keduanya. Oleh karenanya, Koalisi memberikan sejumlah rekomendasi kepada Kemenkes untuk mengalokasikan vaksin sekali suntik, memberikan informasi lengkap, dan mendampingi kelompok rentan saat dan sesudah vaksinasi. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.