Tips Tokopedia Meraih Pangsa Pasar Online Lewat SEO

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
21 April 2021, 10:43
Tokopedia
Katadata

Jakarta - Tokopedia merupakan pemimpin pasar belanja online di Indonesia. Data SimilarWeb kategori Marketplace menyebut selama periode Januari 2021, Tokopedia memimpin traffic share sebesar 32,04 persen dengan jumlah kunjungan129,1 juta.

Sebagai pemimpin E-commerce, Tokopedia membagikan tips sukses dalam menjaring pasar belanja online, diantaranya memperkuat Search Engine Optimization (SEO).

SEO Lead Tokopedia, M Rizki Riandra mengatakan SEO membantu e-commerce untuk meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli dan meningkatkan visibilitas pada engine.

"SEO penting jika bisnis ingin mudah ditemukan oleh engine (mesin). SEO di Indonesia dikaitkan dengan google search engine," kata Rizki dalam diskusi online START SUMMIT EXTENSION dengan tema Tokopedia Front-End Journey: Strengthening SEO Through Web Performance, Selasa (20/4).

Menurut Rizki, Tokopedia berupaya memgambil momentum dan pasar dari search engine. Selain itu, SEO secara teori dan implementasi menjadi chanel marketing yang berbiaya rendah atau trafik gratis.

"Dengan implementasi tepat, kita bisa memberi nilai tambah di bisnis, berbiaya rendah namun memiliki dampak yang besar," ujarnya.

Rizki menjelaskan page experience memberi dampak terhadap user. "Page experience dengan rangking semakin baik maka semakin baik website," kata dia.

Senior WPE Tokopedia, Ryan Purnama W menjelaskan core web vitals untuk SEO yaitu loading, interactivity, dan visual stability.

Sementara itu SEO Associate Tokopedia Safira Anggarini mengatakan banyak faktor untuk meningkatkan SEO perfomarmance. Diantaranya dengan mengotimasi load times atau page speed dari sebuah website

"Saat ini mobile user jauh lebih tinggi dibandingkan dengan desktop user. Data 2011 sampai 2021, mobile trafik meningkat tajam dari 6% sampai 56%. Kenapa? karena memang jaman semakin moderen. Telepon seluler semakin canggih dan kita bisa akses internet di manapun dan kapan pun," kata Safira.

Untuk itu, kata Safira, sangat penting bagi pemilik website atau yang bekerja di perusahaan internet untuk meningkatkan kecepatan website agar pengguna semakin puas.

Ia menambahkan, berdasarkan data dari google, 40 persen user akan meninggalkan halaman jika loading dari halaman lebih dari 3 detik. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, AMP mulai bekerja dan dikenal karena bisa mengatasi masalah tersebut.

Safira menjelaskan, AMP merupakan komponen yang dapat digunakan untuk membuat website lebih cepat saat diakses oleh user dengan menghapus fitur-fitur yang tidak penting.

Ia mengatakan, untuk optimasi halaman AMP secara SEO dapat dilakukan diantaranya; memastikan untuk menambahkan canonical link ke halaman AMP; impelemen structure data supaya ada kemungkinan halaman atau website bisa tampil di rich results mobile search; menggunakan AMP test tool untuk memastikan halaman apakah sudah sesuai dengan requirements google search mengenai valid AMP html dokumen; monitor dan improve halaman AMP; dan halaman AMP bisa digunakan untuk membangun PWA experience.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Editor: Doddy Rosadi

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...