Produk Laris di 4 E-Commerce Besar RI Jelang Natal dan Tahun Baru
Shopee, Blibli, dan Lazada mencatatkan rekor transaksi selama pesta diskon 12.12. Ketiganya dan Tokopedia pun mengungkapkan jenis produk yang laris manis menjelang Natal dan Tahun Baru.
Blibli mencatatkan rekor kenaikan penjualan selama pesta diskon 12.12 dibanding rata-rata hari normal. Ada lima daerah dengan jumlah pesanan terbesar yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Order yang ditangani oleh warehouse Blibli dan trafik website masing-masing melonjak empat kali lipat. Ini merupakan rekor bagi e-commerce bernuansa biru muda itu.
“Berbagai capaian selama Dikagetin Histeria 12.12 menjadi insight berharga bagi kami untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan di tiap pengalaman belanja,” kata Project Lead Blibli #DikagetinHisteria Wilson Kiantoro dalam keterangan resmi, Rabu (22/12).
Pengguna layanan pengiriman dua jam sampai pun melonjak tiga kali lipat. Ada tiga kategori produk yang paling banyak dibeli menggunakan layanan ini, yaitu:
- BlibliMart yang menyediakan aneka groceries atau kebutuhan rumah tangga
- Handphone & Tablet (gadget)
- Kesehatan & Kecantikan yang menyediakan masker, suplemen, multivitamin hingga produk kecantikan
Secara keseluruhan, produk di Bliblimart yang paling banyak dibeli selama periode Harbolnas 12.12. Barang lain yang diburu pelanggan yakni kategori fashion wanita, busana muslim, kesehatan dan kecantikan, serta pakaian pria.
Selain itu, order payung meningkat 10 kali lipat. Wilson menilai, ini karena konsumen bersiap menghadapi musim hujan.
Penjualan di kategori Blibli Travel juga meningkat 4,2 kali lipat dibandingkan periode normal. Produk yang paling banyak dipesan mencakup tiket penerbangan, hotel, tiket atraksi, dan voucher perjalanan.
Hal tersebut menunjukkan minat pelanggan untuk menghabiskan momen akhir tahun dengan bepergian atau mengunjungi tempat wisata.
Sejalan dengan periode Natal dan Tahun Baru, penjualan hampers pun meningkat.
Sedangkan di Tokopedia, ada lima kategori produk yang laris menjelang Natal dan Tahun Baru. Keempatnya yakni:
- Rumah Tangga
- Kesehatan dan Perawatan Diri
- Makanan dan Minuman
- Elektronik
- Fashion
Secara umum, produk berbentuk hampers menjadi pilihan konsumen untuk memberikan hadiah kepada keluarga dan kerabat. Selain itu, kartu ucapan dan cokelat menjadi produk favorit.
“Kami mencatat kenaikan transaksi hampir dua kali lipat pada produk cokelat menjelang Natal dan Tahun Baru dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resmi, Selasa (21/12).
Sedangkan transaksi kartu ucapan naik hampir dua kali lipat. Lalu hampers meningkat hampir tiga kali lipat.
Lazada yang menggelar festival belanja bertajuk Lazada 12.12 Grand Year End Sale pada 12 - 14 Desember juga mencatatkan peningkatan transaksi. Selama periode ini, jumlah rata-rata orang yang berbelanja di platform naik 70%.
Selain itu, jumlah penjual yang mengalami lonjakan transaksi bertambah lebih dari 65% dibandingkan tahun lalu.
Executive Director Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, capaian itu menunjukkan bahwa festival belanja 12.12 masih menjadi andalan penjual dalam menarik konsumen.
Ia menyampaikan, produk yang paling laris yakni busana, kecantikan, dan otomotif. Selain itu, penjualan produk kategori mainan dan game tumbuh lebih dari 20%.
Selain Lazada, Shopee mencatatkan peningkatan kunjungan enam kali lipat pada festival belanja 12.12 dibandingkan hari biasa. E-commerce bernuansa oranye ini juga mencatatkan lebih dari 850 juta voucer diklaim.
Sedangkan kategori produk UMKM yang laris selama 12.12 yakni perawatan dan kecantikan, busana muslim, dan perlengkapan rumah.