Survei Tunjukkan Ketergantungan Masyarakat Akan Gojek dan Tokopedia

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Publikasi Katadata
2 Januari 2023, 08:54
GoTo
Stockbit

Keberadaan aplikasi Gojek dan Tokopedia sangat dirasakan manfaatnya oleh para pengguna dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Hal ini merujuk pada survei Kurious, platform survei berbasis komunitas online yang dikembangkan oleh Katadata Insight Center. Survei dilakukan dalam kurun waktu 9-21 Desember 2022.

Dari 697 responden yang disurvei, sebanyak 79,9 persen menggunakan aplikasi Gojek sedangkan Tokopedia digunakan oleh 78,6 persen responden. Mayoritas responden mengaku memilih Gojek karena sesuai dengan kebutuhan.

Menurut Mirza Ghazaly, Deputy Head Kurious, Katadata Insight Center, hasil survei menunjukkan bahwa hampir 90 persen responden menyatakan layanan yang ditawarkan Gojek sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bahkan, ia menambahkan, lebih dari 80 persen responden menyatakan kebutuhannya di berbagai aspek menjadi lebih mudah terpenuhi dengan adanya aplikasi Gojek.

“Tidak hanya dari jenis layanan, kita melihat penggunaan aplikasi ini juga dikarenakan pengguna merasa aplikasi Gojek mudah dipahami dan digunakan,” ujarnya.

GoFood merupakan layanan yang paling banyak digunakan dengan persentase 70,5 persen. Diikuti dengan layanan lainnya yakni GoPay (68,7 persen), GoRide/GoCar (67,1 persen), GoTagihan/GoPulsa (45,3 persen), GoSend/GoBox (29 persen), GoMart (23,7 persen), dan GoTix/GoPlay (9 persen).

“Makan malam, makan siang, dan cemilan menjadi pilihan yang paling banyak dipesan melalui fitur GoFood dengan frekuensi pemesanan seminggu sekali,” seperti tertulis dalam laporan tersebut.

Terkait penggunaan GoPay, hasil survei menyebut nilai top-up bulannya berkisar antara Rp100 ribu hingga di atas Rp1 juta. GoPay juga menjadi alat pembayaran yang paling banyak digunakan untuk belanja di Tokopedia dengan persentase 65,8 persen.

Sementara terkait moda transportasi, praktis menjadi alasan terbanyak responden dalam menggunakan fitur GoRide/GoCar dengan persentase 25,2 persen. Alasan lainnya meliputi tidak lelah (24,1 persen), tidak perlu memiliki kendaraan pribadi (20,1 persen), cepat sampai (17,4 persen), tidak perlu mencari dan bayar parkir (10,5 persen), dan lainnya (2,7 persen).

Adapun terkait Tokopedia, layanan yang paling banyak digunakan tak lepas dari fungsi utamanya sebagai e-commerce, yakni untuk belanja online dengan persentase 94,9 persen. Diikuti oleh fitur pembayaran tagihan 58,3 persen, pembelian tiket travel/hiburan 18,6 persen, investasi asuransi dan pinjaman 11,2 persen, dan fitur lainnya 20 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...