Cerita Ibu Rumah Tangga Raih Rp 5 Juta/Bulan dari Tokopedia Affiliate

Lenny Septiani
1 Desember 2023, 17:09
Tokopedia Affiliate, komisi Tokopedia Affiliate,
Tokopedia
Tokopedia Affiliate

Ibu rumah tangga yakni Yuanita Indra dan Ely Masfufah meraup cuan dari program Tokopedia Affiliate. Mereka meraih komisi hingga 10% setiap produk yang terjual dan tambahan Rp 10 untuk setiap kunjungan tervalidasi alias page visits ke halaman barang yang dipromosikan.

Yuanita asal Bandung, Jawa Barat bisa menabung emas dan berinvestasi reksa dana lewat program Tokopedia Affiliate. Ia mempromosikan produk di Tokopedia sejak tahun lalu setelah keluar dari tempatnya bekerja untuk menjaga anak di rumah.

Ibu rumah tangga itu membagikan tautan atau link produk ke grup percakapan di aplikasi pesan seperti WhatsApp.

“Saya bergabung menjadi pengguna Tokopedia Affiliate agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan sambil menjaga anak dari rumah,” ujar Yuanita dalam keterangan pers, Jumat (1/12).

“Proses pendaftaran mudah untuk diikuti oleh pemula dan komisi yang ditawarkan sangat menguntungkan,” Yuanita menambahkan.

Produk yang paling banyak ia promosikan yakni kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, kecantikan hingga fashion anak. Strateginya yakni konsisten membagikan link melalui aplikasi pesan.

“Dalam sehari, saya bisa mempromosikan puluhan tautan produk yang sedang diskon atau memiliki cashback menarik. Saya melengkapi link dengan tangkapan layar alias screenshot halaman checkout yang memperlihatkan keuntungan yang didapatkan pembeli,” ujarnya.

Komisi yang saya dapatkan dari Tokopedia Affiliate cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus bergantung dengan pemasukan suami. “Saya pun bisa menabung emas dan berinvestasi reksa dana dari komisi Tokopedia Affiliate,” kata Yuanita.

Ibu tunggal Ely Masfufah asal Jombang, Jawa Timur juga mendaftar sebagai pengguna Tokopedia Affiliate sejak 2022. Ia memiliki dua putra dan putri.

Ely pertama kali mengetahui tentang Tokopedia Affiliate dari media sosial. Produk yang dipromosikan yakni produk perawatan tubuh.

Strategi Ely yakni memanfaatkan media sosial, termasuk grup di aplikasi pesan. Ia menyertakan link promosi produk lengkap dengan foto dan deskripsi, promo diskon hingga keterangan bebas ongkir.

“Saya berusaha membuat kata-kata menarik perhatian ibu-ibu agar mereka belanja menggunakan tautan yang saya bagikan lewat Tokopedia Affiliate. Kunci menjadi Affiliate yang baik yakni konsistensi,” ujar Ely.

“Komisi rata-rata per bulan yang bisa saya dapatkan lebih dari Rp 5 juta. Saya bisa membiayai banyak kebutuhan sehari-hari, seperti biaya sekolah anak dan menabung dana darurat. Bahkan bisa mengumpulkan modal untuk membuka warung kelontong di rumah,” ujarnya.

Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia Nirmala Hapsari menyampaikan, produk kebutuhan sehari-hari seperti kecantikan dan perawatan tubuh cenderung menjadi yang paling banyak dibagikan oleh pengguna Tokopedia Affiliate.

Selama kuartal III, produk serum wajah, sabun mandi, masker wajah, bedak wajah dan krim tirai Matahari menjadi beberapa produk kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia yang paling sering direkomendasikan oleh pengguna Tokopedia Affiliate.

Begitu juga kategori kebutuhan ibu dan anak, termasuk popok sekali pakai, stroller, susu bayi, gendongan bayi dan alat makan bayi.

Nirmala mencatat, jumlah Tokopedia Affiliate naik hampir 16 kali lipat pada Juni dibandingkan saat peluncuran pada Februari 2022. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga.

Menurut dia, affiliator bisa menjadi salah satu cara potensial untuk meraup cuan. Berdasarkan laporan Digital 2023: Indonesia, terdapat 167 juta penduduk Indonesia yang menggunakan media sosial atau sekitar 60,4% dari total populasi.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...