Tantangan Pedagang Online 2024: Diskon Berkurang dan Biaya Admin Naik
Pedagang online dinilai akan menghadapi setidaknya tiga tantangan tahun depan, yakni biaya promosi yang berpotensi naik, kenaikkan biaya admin, dan diskon e-commerce yang berkurang. Shopee dan Lazada misalnya, sudah menaikkan biaya admin mulai bulan ini.
Perwakilan SleekFlow menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penjual online tahun depan. Salah satunya, aturan larangan fitur media sosial dan e-commerce di satu aplikasi.
Media sosial selama ini digunakan sebagai sarana promosi. Dengan adanya aturan Permendag Nomor 31 tahun 2023, platform media sosial mulai mengembangkan fitur promosi.
Meta misalnya, berencana terus mengoptimalkan iklan seperti Click to WhatsApp. TikTok juga memulai lagi fitur iklan bagi penjual, setelah resmi menggaet Tokopedia pada hari ini (11/12).
“Loyalitas konsumen menjadi cukup penting karena beberapa marketplace cenderung mengurangi promosi dan meningkatkan biaya admin hingga transaksi,” demikian dikutip dari keterangan pers SleekFlow, Senin (11/12).
“Hal ini jelas berdampak terhadap konsumen yang sensitif terhadap harga, tapi bagus untuk melahirkan persaingan bisnis yang sehat,” demikian dikutip.