Asosiasi Mal Ungkap Tantangan Pedagang Online 2024: Diskon, Covid-19

Lenny Septiani
22 Desember 2023, 09:44
pedagang online, e-commerce,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pedagang memantau layar ponsel saat menawarkan barang dagangannya melaui aplikasi Tik-Tok Shop di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (4/10).

Ada beberapa tantangan yang berpotensi dihadapi oleh pedagang online di e-commerce pada 2024, menurut Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia atau HIPPINDO.

Board Expert HIPPINDO Yongky Susilo mengatakan, tantangan yang dimaksud yakni lanskap retail pasca-Covid-19. Terlebih lagi, kasus Covid-19 kembali meningkat akhir tahun ini.

Kedua, kanal penjualan semakin beragam dan dinamis. Ketiga, pola belanja konsumen yang masih mengandalkan diskon.

Startup SleekFlow juga sebelumnya menyampaikan, setidaknya tiga tantangan penjual online pada 2024, di antaranya:

  • Biaya promosi yang berpotensi naik
  • Kenaikkan biaya admin penjual di e-commerce. Shopee dan Lazada sudah menaikkan biaya admin per bulan ini.
  • Diskon e-commerce yang berkurang

Untuk menjawab tantangan tersebut, penjual perlu menggabungkan kanal penjualan online dan offline alias omnichannel. “Ini untuk menggaet pelanggan baru dan loyal,” kata Yongky dalam acara webinar Navigating E-Commerce in 2024 Through Consumer and Market Insights, Selasa (19/12).

Sementara itu, Chief Operating Officer Sirclo Danang Cahyono mengungkapkan beberapa strategi bagi penjual online pada 2024 di antaranya:

1. Membangun strategi yang sejalan dengan dinamika sektor e-commerce

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...