Proses Integrasi TikTok-Tokopedia Sudah 75%, Ini Arahan Kemendag

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
23 Februari 2024, 19:22
Kemendag akan terus memantau proses integrasi TikTok-Tokopedia.
ANTARA FOTO/Rina Nur Anggraini/sgd/foc.
Seorang pedagang akan memulai live TikTok Shop di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (4/1/2024). Kementerian Perdagangan memberikan tenggat waktu hingga 4 bulan kepada TikTok Shop untuk mengalihkan transaksi pembeliannya di Tokopedia, menyusul telah dibukanya kembali fitur itu setelah sempat ditutup selama 2 bulan.
Button AI Summarize

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberi waktu tiga sampai empat bulan kepada TikTok dan Tokopedia untuk melakukan migrasi sistem, setelah keduanya berkolaborasi menghadirkan kembali TikTok Shop.

Masa transisi hingga April 2024 ini dilakukan guna memenuhi Peraturan Menteri Perdagangan alias Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik yang dirilis pada September 2023.

Beleid itu melarang fitur media sosial dan e-commerce berada dalam satu aplikasi.

Dengan demikian, setelah proses transisi kedua sistem ini selesai secara backend, maka Tokopedia akan memproses sistem pembayaran transaksi pada TikTok.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan, integrasi TikTok dan Tokopedia sudah 75%. “Diperkirakan tinggal seperempat jalan,” kata Isy kepada Katadata.co.id, dikutip Jumat (23/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...