Kisah Brand Sepatu VAIA Meriahkan Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
28 Februari 2024, 07:00
Affania Fariza Balqis pemilik brand lokal sepatu VAIA.
Dok Istimewa
Affania Fariza Balqis pemilik brand lokal sepatu VAIA.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Terkadang saat berbelanja sepatu, kita harus memilih antara fungsi atau estetika yang dapat meningkatkan gaya fesyen. VAIA, brand lokal milik Affania Fariza Balqis yang telah didirikan sejak 2017 menawarkan keduanya.

VAIA menjadi jawaban bagi banyak masyarakat Indonesia untuk mendapatkan sepatu dengan desain elegan, kualitas unggul serta nyaman saat digunakan. 

Dalam rangkaian kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang akan berlangsung hingga 3 Maret nanti, VAIA berbagi kisah perjalanannya dalam memasuki industri fashion lokal. Selain itu, bagaimana peran Shopee mendorong VAIA untuk terus berkembang dengan berbagai program dan fitur yang menguntungkan bagi seluruh pengguna, baik penjual maupun pembeli. 

Langkah Awal Perjalanan VAIA: Keinginan Mengubah Situasi 

Menjadi seorang ibu dan wanita karir, Affania memiliki keinginan untuk dapat tetap menjaga penampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak pernah terpikirkan olehnya, berangkat dari kesulitan yang kerap ia temui saat mencari sepasang sepatu ternyata mendorong lahirnya ide bisnis untuk ia mulai berkarya.

Affania mengatakan, sejak dulu dunia fashion sudah menarik perhatiannya. Berawal dari pemikiran bagaimana memenuhi peran sebagai seorang ibu, wanita karir, mahasiswa atau peran-peran lainnya dengan rasa nyaman. 

“Sehingga aku tahu, bahwa aku tidak sendiri dalam menghadapi tantangan untuk mendapatkan kenyamanan serta estetika sekaligus dalam sepasang sepatu,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2). 

Berangkat dari situ, di tahun 2017 akhirnya VAIA pun dilahirkan. “Ini sebuah merek sepatu yang menggabungkan antara desain menarik dan kenyamanan untuk menemani seluruh individu dalam menjalankan perannya masing-masing di berbagai momentum,” ujar Affania. 

Tidak berhenti disitu, dengan kehadiran VAIA juga membuka lapangan pekerjaan bagi pengrajin hingga memanfaatkan bahan baku yang diproduksi secara lokal di Indonesia. 

Berawal dari 2 orang pekerja di balik tim produksi, saat ini VAIA berhasil membangun fabrikasi sendiri dengan menggunakan beberapa enhancement bahan baku yang 100 persen di produksi di Indonesia dan telah mempekerjakan sekitar 60 pekerja.

VAIA, brand lokal sepatu
(Dok Istimewa)

Kegigihan serta kerjasama dari tim VAIA berhasil melahirkan produk-produk yang saat ini menjadi pilihan favorit bagi wanita Indonesia. Affania berbagi 3 poin utama yang menjadikan VAIA berbeda yaitu; 

  • Comfort, bagaimana produk VAIA berhasil mengkombinasikan gaya dan kenyamanan dalam setiap pasang sepatu
  • Quality craftsmanship and material, setiap produk VAIA dibuat dengan craftmanship yang teliti serta menggunakan material terbaik di kelasnya 
  • Timeless elegance, VAIA memastikan bahwa setiap desain yang dibuat memberikan sensasi elegan kepada pengguna-nya, VAIA Lady.

Berjalan Berdampingan Kembangkan Potensi bersama Shopee 

Affania menuturkan, pada kuartal IV tahun 2020, ia memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Saat itu, Shopee tidak hanya diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga menjadi salah satu strategi yang sangat membantu bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnis. 

“Setelah dua hingga tiga bulan setelah bergabung, perlahan kami bangkit, khususnya dengan hadirnya kampanye angka kembar dan lebaran yang bisa meningkatkan penjualan VAIA hingga 80 persen dari sebelumnya,” katanya

Bagi VAIA, hadirnya Shopee memudahkan pelaku usaha untuk beradaptasi melalui kampanye, fitur hingga program. Hal-hal lainnya yang dapat dioptimalkan antara lain bundling, Shopee Live, Shopee Ads, affiliate hingga gratis ongkir menjadi beberapa dari banyak aspek yang membantu perkembangan bisnis VAIA hingga saat ini. 

“Layaknya tren sepatu yang terus bergerak, kami pun terus belajar untuk memahami kemajuan teknologi dan perputaran tren belanja online. Senang sekali VAIA dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang,” katanya.

Setelah situasi mulai bangkit pasca pandemi, VAIA tetap gigih dalam memberikan pengalaman belanja yang baru bagi konsumen. Hal ini VAIA lakukan antara lain melalui;

Bangun kedekatan dengan fitur interaktif

Affania sadar bahwa kemajuan teknologi juga ikut berperan dalam gaya belanja online konsumen yang dinamis. Melalui sesi live streaming di Shopee Live, VAIA kerap memanfaatkan interaksi secara langsung untuk semakin meningkatkan daya tarik konsumen dan memberikan informasi produk yang lebih jelas. 

Hal ini pun membawa pengaruh signifikan, khususnya dalam meningkatkan penjualan dan eksposur hingga adanya pembeli baru.

Garansi bebas pengembalian

Berjualan sepatu melalui ranah digital, bukanlah hal yang mudah. Dengan perbedaan bentuk kaki hingga jenis masing-masing sepatu, kerap membuat konsumen ragu dan ingin melihat secara langsung. 

Berangkat dari hal ini, VAIA pun melihat potensi baik dari Program Garansi Bebas Pengembalian. Pada awal tahun 2024, ia sudah bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian. 

“Para konsumen kami yang awalnya mungkin masih ragu-ragu, sekarang dapat dengan mudah berbelanja di toko kami tanpa perlu takut jika barang tidak sesuai dengan keinginan mereka,” katanya.

Program ini sangat berguna karena bisa turut membantu mendorong peningkatan pesanan, terutama dari konsumen-konsumen yang masih takut berbelanja online. Sehingga, program ini juga bisa membantu pengusaha dalam hal customer acquisition

Selama kurang lebih dua bulan ini bergabung dalam Program Garansi Bebas Pengembalian, belum ada pembeli yang melakukan pengembalian produk, karena memang kami memberikan data seperti foto dan keterangan yang jelas sesuai dengan fisik produknya, namun ke depannya kami harap program ini juga bisa membantu kami dalam merangkul konsumen VAIA,” tuturnya.

VAIA: Mengawali Persiapan Ramadan dalam Rangkaian 3.3 Grand Fashion Sale 

VAIA selalu berupaya untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbaru yang bisa dinikmati oleh konsumennya. Menyambut bulan Ramadan yang akan hadir sebentar lagi, VAIA tengah mempersiapkan koleksi ‘RAYA’ nya. 

Ketiga koleksi spesial yang akan kami keluarkan memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan peruntukan penggunaannya seperti untuk dipakai casual bersilaturahmi ke sanak saudara, halal-bihalal keluarga, dan lainnya. Tentu warna dan desainnya akan menarik yang disesuaikan juga dengan trend yang berkembang.

VAIA, brand lokal sepatu
VAIA, brand sepatu lokal (Dok Istimewa)

Tidak hanya itu, spesial di kampanye 3.3 Grand Fashion Sale kali ini, VAIA juga menyiapkan rangkaian keseruan dan penawaran menarik yang dihadirkan untuk pengguna Shopee: 

  • Kombo Hemat
  • Diskon hingga 25% 
  • dan akan restock produk-produk terlaris dalam jumat terbatas pada periode ini! 

Jangan sampai terlewat, ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fashion favoritmu di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale! Pada puncak kampanye yang berlangsung tanggal 3 Maret nanti, pengguna dapat menikmati Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Dijamin Diskon 50% dan Checkout Fashion Gratis. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye 3.3 Grand Fashion Sale, silahkan kunjungi https://shopee.co.id/3-3-peakday. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...