Bocoran Shopee dan TikTok Shop Tokopedia: Ini Produk Terlaris Akhir Tahun


Shopee dan TikTok Shop Tokopedia mengungkapkan produk yang paling banyak dibeli pada akhir tahun. Data ini bisa digunakan oleh penjual untuk menggenjot penjualan pada periode libur panjang akhir tahun.
“Menjelang akhir tahun, deretan produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia adalah sepatu sneakers, parfum, smartphone, dan minyak,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce Rizky Juanita Azuz, dalam siaran pers, Kamis (21/11).
Berikut daftar produk terlaris di TikTok Shop Tokopedia pada akhir tahun dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year (yoy):
Kecantikan dan Perawatan Tubuh (1 September – 10 November)
- Blush: Naik hampir 15x lipat
- Lip cream: Naik lebih dari 14,5x lipat
- Sabun cuci tangan: Naik hampir 11x lipat
“Pelaku usaha yang ingin mulai berjualan bisa mencoba menjual produk makeup anti air alias waterproof, seperti blush, lip cream dan maskara, yang awet di musim hujan,” ujar Rizky.
Makanan dan Minuman (1 September – 10 November)
- Daun teh: Naik hampir 20x lipat
- Minuman cokelat: Naik lebih dari 16,5x lipat
- Biji kopi: Naik hampir 14x lipat
Fesyen Perempuan (kuartal III atau Juli – September)
- Kardigan: Naik lebih dari 6,5x lipat
- Celana kulot: Naik hampir 6x lipat
- Kemeja perempuan: Naik lebih dari 5,5x lipat
Fesyen Pria (kuartal III)
- Celana tidur pria: Naik hampir 6x lipat
- Sandal: Naik hampir 5x lipat
- Kemeja batik: Naik lebih dari 4x lipat
Fesyen Muslim (kuartal III)
- Pashmina: Naik hampir 8x lipat
- Hijab instan: Naik lebih dari 5,5x lipat
- Jilbab olahraga: Naik hampir 5x lipat
Rumah Tangga (1 September – 10 November)
- Rak piring: Naik lebih dari 11x lipat
- Tempat penyimpanan multifungsi: Naik lebih dari 7x lipat
- Botol minum: Naik lebih dari 5x lipat
Elektronik (1 September – 10 November)
- Smartwatch: Naik hampir 5x lipat
- Lampu meja: Naik lebih dari 11x lipat
- Self ringlight: Naik lebih dari 5x lipat
Selain berdasarkan data tersebut, Rizky mengatakan, para penjual bisa memanfaatkan fitur:
- Wawasan Pasar di Tokopedia untuk mengetahui produk terlaris dan kata kunci produk yang paling sering dicari oleh para pembeli di Tokopedia.
- Peringkat Kata Kunci dashboard Seller Center ShopTokopedia pada bagian Kompas Data
Selain TikTok Shop Tokopedia, Shopee membagikan informasi produk terlaris dan tren penjualan selama pesta diskon September 9.9, Oktober 10.10, dan November 11.11. Rinciannya sebagai berikut:
Diskon Shopee 9.9:
- Penjualan merek atau brand lokal dan UMKM di Shopee Live naik 5x lipat dibandingkan hari biasa
- Penjualan produk lokal via Shopee Video naik 13x lipat
Diskon Shopee 10.10:
- Transaksi kategori perlengkapan rumah di Shopee Mall naik 6x lipat
- Transaksi kategori skincare dan makeup wajah di Shopee Mall naik 10x lipat
- Produk terjual pada sesi Shopee Live oleh mitra di Shopee Mall meningkat 10x lipat
Diskon Shopee 11.11:
- Penjualan produk brand lokal dan UMKM di Shopee Live meningkat lebih dari 7,5x lipat
- Penjual di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi