Daftar Produk UMKM Laris di 12.12 ShopTokopedia, Ini List Barang Paling Diburu


ShopTokopedia mencatat ada peningkatan nilai transaksi 50 kali lipat lewat fitur live TikTok pada kampanye Promo Guncang 12.12 tahun ini. Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan hal ini meningkat pesat dibanding tahun lalu meski ia tidak merinci nilai monetisasinya.
“Dan yang menariknya, memang sejam pertama puncak Promo Guncang 12.12 2024, kenaikan transaksi hampir 50 kali lipat dibandingkan hari biasa,” kata Aditia dalam dalam acara Media Gathering di Jakarta, Senin (23/12).
Aditia menjelaskan, pada program 12.12, ada perbedaan kategori produk paling laris di ShopTokopedia dan Tokopedia. Di Tokopedia, tiga produk yang paling laris adalah produk kecantikan dan perawatan diri, handphone dan elektronik, serta fashion pria.
Adapun kategori produk terlaris di ShopTokopedia ialah kecantikan dan perawatan diri, fashion wanita, lalu fashion muslim. Aditia menjelaskan kenaikan tertinggi pendapatan UMKM dari Promo Guncang 12.12 bisa mencapai 115%.
Adanya kampanye Beli Lokal juga bisa mendorong penjualan UMKM hingga 70%. Pembeli di kedua platform ini juga mempunyai perbedaan perilaku belanja. Pembeli Tokopedia cenderung sudah mengetahui apa produk yang mereka butuhkan atau akan dibeli.
Lebih jauh ia mengatakan, produk dengan kenaikan jumlah pesanan tertinggi jelang natal di sana adalah hampers berupa kue kering dan coklat, pohon natal, serta hiasan pohon natal. Ada peningkatan hampir tiga kali lipat.
Pembeli di ShopTokopedia di sisi lain cenderung mengonsumsi konten video di TikTok sebelum membeli. TikTok mencatat 92% pengguna TikTok menyatakan mereka bertindak setelah menonton video TikTok.