Kioson Targetkan Laba Rp 9 Miliar dengan 5 Strategi Tahun Ini

Desy Setyowati
5 Juni 2018, 18:00
Kioson
Kioson
Direksi dan manajemen Kioson saat IPO di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (5/10).

Penyedia jasa perdagangan online-to-offline (O2O) PT Kioson Komersial Indonesia Tbk menargetkan laba bersih sebesar Rp 9 miliar tahun ini. Target tersebut naik tiga kali lipat dibanding pencapaian tahun lalu yang hanya Rp 3 miliar.

Direktur Utama Kioson Jasin Halim menyebutkan, ada lima langkah stategis untuk mencapai target tersebut. Pertama, menambah 15 ribu kios baru sehingga jumlahnya mencapai 50 ribu di akhir tahun. "Kami pakai kas internal untuk menambah kios baru tersebut," kata dia saat paparan publik di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (5/6).

Dia menghitung, untuk membangun 15 ribu kios baru tersebut menurutnya butuh dana sekitar Rp 10 miliar. Adapun, pembangunan kios baru tersebut masih akan terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera, karena populasinya yang besar.

Kedua, Kioson akan berinovasi dalam membangun outlet. Perusahaan juga memperkuat call center guna meminimalisir gangguan. Ketiga, sejalan dengan penambahan kios, maka jumlah pengguna juga ditarget meningkat dari saat ini yang sebanyak 4 juta orang.

(Baca juga: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)

Keempat, Kioson akan menambah jumlah layanan dan produk. Sementara kelima, memperbaharui teknologi. Untuk itu, Kioson menanggarkan belanja modal (Capital Expenditure/Capex) senilai Rp 5 miliar tahun ini. "Capex itu digunakan untuk server, komputer, dan perlengkapan kantor," ujarnya.

Sejalan dengan kelima strategi ini juga, Kioson menargetkan penjualan mencapai Rp 2,5 triliun atau meningkat dari 2017 yang senilai Rp 1,13 triliun.

Adapun sepanjang Kuartal I-2018, Kioson mencatatkan laba bersih Rp 2,41 miliar atau naik 187% dibanding periode sama tahun lalu. Sedangkan penjualan mencapai Rp 658,3 miliar atau naik 3.575,6% dibanding Kuartal I-2017.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...