Pendiri Kopi Kenangan Bentuk Kenangan Fund untuk Danai Startup

Desy Setyowati
12 Maret 2021, 17:56
Pendiri Kopi Kenangan Bentuk Kenangan Fund untuk Danai Startup
Instagram/@kopikenangan.id
Kopi literan Kopi Kenangan

Pendiri Kopi Kenangan membentuk Kenangan Fund, inisiatif permodalan bagi investor individu (angel investor). Wahana ini berfokus memberikan pendanaan kepada startup Indonesia yang potensial.

Para pendiri Kopi Kenangan yakni Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa menjadi investor di Kenangan Fund. Mereka menilai, investasi di startup merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, “pikiran untuk bisa bekerja sama dengan talenta hebat di Indonesia tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” kata Edward kepada Katadata.co.id, Jumat (12/3).

Namun, Kenangan Fund belum menetapkan sektor startup yang diincar. “Selama fokusnya di Indonesia dan memiliki potensi pertumbuhan eksponensial,” ujar dia.

Sejauh ini, Kenangan Fund sudah memberikan pendanaan kepada NOICE, Otoklix, dan Dropezy. Rata-rata pendanaan sekitar US$ 10 ribu hingga US$ 150 ribu (Rp 143,9 juta – Rp 2,6 miliar).

Berdasarkan laporan Google, Temasek, dan Bain & Company bertajuk eConomy SEA 2020, nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) ekonomi digital Indonesia diperkirakan US$ 44 miliar atau Rp 619 triliun.

Nilai ekonomi digital di Indonesia dan transaksi per sektor
Nilai ekonomi digital di Indonesia dan transaksi per sektor (Google, Temasek, dan Bain and Company: e-Conomy 2020)

Sedangkan pada 2025, nilainya diperkirakan US$ 124 miliar. Rinciannya tertera pada Databoks di bawah ini:

Per semester I tahun lalu, pendanaan ke startup Indonesia US$ 2,8 miliar. Salah satu sektor yang diminati oleh investor yakni kuliner, termasuk Kopi Kenangan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...