Kominfo Bantu Akses Pendanaan 15 Startup Pendidikan hingga Kesehatan

Fahmi Ahmad Burhan
27 September 2021, 14:26
startup, kominfo, seleksi SSI
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kominfo memilih 15 startup dalam program SSI batch ketiga.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan cetak 150 startup baru dan tambahan tiga unicorn pada 2024. Untuk itu, kementerian gencar menggelar program akselerasi, salah satunya Studio Startup Indonesia (SSI) yang digelar sejak 2020.

Tahun ini, kementerian kembali  menggelar program SSI batch ketiga dengan memilih 15 startup dari sejumlah sektor seperti pendidikan, kuliner, keuangan, hingga kesehatan. Ke-15 startup yang lolos seleksi yakni AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, Powerbrain, KreatifHub, Sgara, Soul Parking, dan Zi.Care. 

Advertisement

Kementerian Kominfo akan mengakselerasi ke-15 startup tersebut mulai September hingga Desember 2021. "Ini untuk mempercepat target kami, cetak 150 startup," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers virtual pada Senin (27/9).

Startup tersebut akan mengikuti sejumlah sesi pelatihan, seperti Founder’s Camp dan 1-on-1 Coaching terkait dengan product-market-fit. Pada tahap akhir startup akan mengikuti acara Milestone Day dan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan stakeholder.

"Para startup juga akan dapat kesempatan akses pendanaan dari perusahaan modal ventura," kata Samuel.

Selah satu startup terpilih Zi.Care bergerak di sektor kesehatan. Zi.Care memberikan solusi bagi fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjut, untuk mengelola urusan administrasi serta rekam medis elektronik.

"Kami bantu fasilitasi kesehatan, karena ini juga yang dibutuhkan dalam transformasi digital di Indonesia," kata CEO Zi.Care Jessy Abdurrahman.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement