Transaksi GrabFood Grab 7 Kali Lipat ShopeeFood di Indonesia

Desy Setyowati
19 Januari 2023, 13:01
Gojek, Grab, Shopee, grabfood, gofood, shopeefood
Momentum Works
Mitra pengemudi Gojek, Grab, dan Shopee

Transaksi GrabFood besutan Grab di Indonesia US$ 4,22 miliar atau sekitar Rp 64,4 triliun selama 2021 – 2022, menurut data perusahaan venture building Momentum Works. Nilainya tujuh kali lipat dibandingkan ShopeeFood milik Shopee.

“Grab satu-satunya yang mempertahankan pertumbuhan nilai transaksi bruto atau GMV secara berturut-turut selama tiga tahun,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works, Selasa (17/1).

GMV GrabFood, GoFood Gojek, dan platform pesan-antar makanan lain di Asia Tenggara selama 2020 – 2022 secara rinci dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di Asia Tenggara selama 2020 - 2022
GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di Asia Tenggara selama 2020 - 2022 (Momentum Works & Katadata/DesySetyowati)

“GMV (GoFood) Gojek sudah tiga tahun stagnan. Ini cermin dari dinamika dan persaingan di pasar Indonesia,” kata Momentum Works.

Transaksi GrabFood hingga GoFood di setiap negara di Asia Tenggara selama 2020 – 2022, sebagai berikut:

GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di setiap negara di Asia Tenggara selama 2020 - 2022
GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di setiap negara di Asia Tenggara selama 2020 - 2022 (Momentum Works & Katadata/DesySetyowati)

Dari data tersebut, dapat dilihat GMV GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood di Indonesia. Rinciannya sebagai berikut:

 GrabFoodGoFoodShopeeFood
2020US$ 1,96 miliar (Rp 30,6 triliun)US$ 1,74 miliar (Rp 27,1 triliun)-
2021US$ 2,25 miliar (Rp 35,2 triliun)US$ 1,98 miliar (Rp 31 triliun)US$ 276 juta (Rp 4,3 triliun)
2022US$ 2,21 miliar (Rp 34,4 triliun)US$ 1,98 miliar (Rp 31 triliun)US$ 315 juta (Rp 4,9 triliun)
TOTALUS$ 6,42 miliar (Rp 100,2 triliun)US$ 5,7 miliar (Rp 89 triliun)US$ 591 juta (Rp 9,2 triliun

Jika membandingkan data selama 2021 – 2022, transaksi GrabFood milik Grab US$ 4,22 miliar atau sekitar Rp 64,4 triliun. Jumlahnya tujuh kali lipat dibandingkan ShopeeFood US$ 591 juta atau Rp 9,2 triliun.

Sedangkan Gojek US$ 3,96 miliar atau Rp 61,8 triliun. Nilainya 6,7 kali lipat dibandingkan ShopeeFood.

“Setelah lonjakan investasi di pesan-antar makanan pada 2021, Shopee mengurangi skala dan berfokus pada bisnis inti yakni perdagangan online atau e-commerce yang menguntungkan,” demikian dikutip.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...