KPPU: GoTo Gojek dan Grab Berpotensi Monopoli jika Merger

Lenny Septiani
12 Februari 2024, 16:43
goto, gojek, grab, kppu,
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pengemudi ojek online mengangkut penumpang di Shelter Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020).

GoTo Gojek Tokopedia dan Grab dikabarkan dalam diskusi untuk melakukan merger. Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU menilai kedua perusahaan ini berpotensi praktik monopoli jika sepakat merger.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur belum dapat berkomentar mengenai kabar adanya diskusi terkait merger GoTo Gojek Tokopedia dan Grab.

Advertisement

“Saat ini info yang berkembang begitu. Untuk transaksi tersebut, tentunya ada potensi konsentrasi pasar tinggi di pasar tertentu. Agar tidak menjadi monopoli, tentunya aksi tersebut dihindari,” kata Deswin kepada Katadata.co.id, Senin (12/2).

Ia menjelaskan, pasal 28 Undang-Undang Persaingan Usaha melarang merger dan akuisisi yang berpotensi menciptakan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

“Tentunya itu perlu dibuktikan melalui proses penilaian di KPPU,” Deswin menambahkan.

Namun GoTo Gojek Tokopedia dan Grab belum mau berkomentar mengenai rumor tersebut.

“Kami tidak berkomentar mengenai rumor atau spekulasi yang beredar,” kata Chief Communications Officer Grab Indonesia Mayang Schreiber kepada kepada Katadata.co.id, Senin (12/2).

Hal senada disampaikan oleh Head of Corporate Communications GoTo Sinta Setyaningsih. “Kami tidak mengomentari rumor yang beredar di pasar. Saat ini tidak ada diskusi terkait hal tersebut,” kata dia kepada Katadata.co.id

Ia menegaskan bahwa GoTo memiliki fundamental dan posisi keuangan yang semakin solid saat ini. Selain itu, berhasil mencapai target pendapatan perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal IV 2023. 

“Arus kas kami juga semakin kuat dengan adanya pendapatan berupa fee dari Tokopedia secara kuartalan,” Sinta menambahkan.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement