Pemuda Asal Garut Sukses Ekspor Baju Kucing via E-commerce

Ringkasan
- Asep Ruswandi, pemuda asal Garut dan pemilik toko online Bukipet, sukses mengekspor baju hewan peliharaan ke Singapura, Malaysia, dan Thailand lewat Shopee. Asep memulai bisnis ini sejak kuliah dengan membuat sendiri produknya.
- Bukipet berfokus pada pakaian kucing yang berkualitas, estetik, dan fungsional, melihat tingginya permintaan dan terbatasnya pemain di pasar. Shopee menjadi kanal penjualan utama Bukipet, bahkan mencatat peningkatan transaksi hingga enam kali lipat saat kampanye 12.12 Birthday Sale 2024.
- Bukipet terus berinovasi dengan meluncurkan produk baru setiap bulan dan memanfaatkan fitur Shopee seperti Shopee Live, Shopee Video, dan Affiliate Marketing Solution. Strategi ini berhasil membawa Bukipet menembus pasar internasional.

Pemuda asal Garut Asep Ruswandi berhasil mengekspor baju hewan peliharaan baik kucing maupun anjing ke Singapura, Malaysia, dan Thailand melalui platform e-commerce Shopee.
Pemilik toko online Bukipet itu memulai bisnis dengan mengerjakan sendiri seluruh proses pembuatan produk. “Mulai dari merancang hingga menjahit. Setiap produk yang dibuat merupakan hasil dari trial and error yang panjang,” kata Asep dalam keterangan pers, Senin (24/3).
“Namun, saya percaya bahwa dengan konsistensi dan riset yang tepat, bisnis ini bisa berkembang,” Asep menambahkan.
Ia memulai bisnis baju hewan peliharaan sejak duduk di bangku kuliah di Universitas Garut. Asep mencatat baju kucing yang dijual di Indonesia rerata berasal dari luar negeri alias impor.
Pria kelahiran 1999 itu pun mulai melakukan riset pasar dan mencoba berjualan baju kucing di e-commerce saat memasuki semester kedua perkuliahan.
Dari hasil analisis kata kunci dan tren pencarian, ia menemukan bahwa pakaian hewan peliharaan, khususnya kucing, memiliki permintaan tinggi dengan jumlah pemain yang masih terbatas.
Melihat peluang tersebut, Asep mendirikan Bukipet pada 2020. Ia berfokus menghadirkan pakaian kucing berkualitas, estetik, dan fungsional.
Berdasarkan data penjualan, Shopee menjadi kanal penjualan utama Bukipet dengan lebih dari 77% total penjualan berasal dari platform ini. Pada kampanye 12.12 Birthday Sale 2024, Bukipet mengalami peningkatan transaksi hingga enam kali lipat dibandingkan hari biasa.
Bukipet terus berinovasi dengan meluncurkan berbagai koleksi pakaian kucing, termasuk baju pasca-operasi untuk hewan dalam masa pemulihan. Saat ini, Bukipet meluncurkan empat sampai lima produk baru setiap bulan.
Dengan pertumbuhan bisnis tersebut, Asep kini mempekerjakan 30 karyawan untuk mengelola produksi dan pemasaran.
Untuk memperkuat interaksi dengan pelanggan, Bukipet mengoptimalkan fitur Shopee Live dan Shopee Video. Selain itu, Bukipet menggunakan program Affiliate Marketing Solution Shopee untuk memperluas jangkauan pasar.
Berkat strategi tersebut, Bukipet kini berhasil menembus pasar internasional, termasuk Singapura, Malaysia, dan Thailand melalui Program Ekspor Shopee.