Jokowi Siapkan Anggaran Belajar Online dan Perluas Akses Internet 2022

Fahmi Ahmad Burhan
16 Agustus 2021, 13:34
jokowi, belajar online, rapbn 2022
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Sejumlah pelajar SMP N 4 Bawang berada di atas bangunan kamar mandi umum untuk mendapatkan sinyal jaringan internet gratis di Sigemplong, Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (30/7/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memfokuskan kebijakan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja atau RAPBN 2022 pada enam hal, salah satunya infrastruktur yang mendukung adaptasi teknologi. Ini untuk memperluas akses internet dan mendukung proses belajar online.

“Pemerintah menyiapkan enam fokus utama dalam kebijakan APBN 2022,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato pengantar RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPR, Senin (16/8). “Keempat, melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi.”

Advertisement

Berdasarkan draf Nota Keuangan Tahun Anggaran 2022, pemerintah menyiapkan anggara pendidikan Rp 541,7 triliun. Ini diutamakan untuk beberapa kegiatan, seperti peningkatan kompetensi guru, penguatan pendidikan vokasi dan karakter.

Pemerintah juga memfokuskan penggunaan anggaran untuk menunjang kegiatan belajar online, terutama di daerah yang belum terjangkau internet.

Anggaran pendidikan juga akan dipakai untuk peningkatan kualitas sarana dan prasarana. Caranya, merehabilitasi dan mengembangkan platform pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Selain anggaran pendidikan, pembangunan infrastruktur internet yang menunjang belajar online dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Utamanya, dalam memperluas akses dan konektivitas broadband di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement