IndiHome dan Telkomsel Sempat Gangguan, Telkom Akan Beri Kompensasi
Layanan IndiHome dan Telkomsel mengalami gangguan akhir pekan lalu (19/9). Induk usaha, Telkom pun menyiapkan kompensasi untuk pelanggan IndiHome.
Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan menyampaikan, rencana pemberian kompensasi itu tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan IndiHome. Ini disesuaikan dengan segmen pelanggan.
"Bagi pelanggan IndiHome yang terkena dampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing," kata Kurniawan dalam keterangan pers, Jumat (23/9).
Ia menegaskan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan fokus utama Telkom. Apalagi, internet dibutuhkan untuk belajar dan bekerja dari rumah selama pandemi corona.
“Tentu Telkom tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas (layanan) yang dirasakan oleh pelanggan,” ujar Kurniawan.
Telkom mencatat, gangguan pada layanan IndiHome dan Telkomsel akhir pekan lalu disebabkan oleh masalah pada sistem komunikasi kabel bawah laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam – Pontianak.
Berdasarkan identifikasi, gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer (km) lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.
Imbas persoalan pada kabel laut Jasuka itu, layanan internet Telkom Group baik fixed maupun mobile broadband mengalami gangguan di beberapa wilayah pada akhir pekan lalu (19/9). Namun Telkom menyatakan bahwa layanan mulai pulih pada Senin pagi (20/9).