JNE Ajak Para Kreator Konten dan Jurnalis Dukung UMKM Lewat Kompetisi
Memasuki usia ke-31, JNE menggelar Content Competition 2021 dengan mengangkat tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, yang diselenggarakan sejak 6 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022.
Tema yang diusung tersebut merupakan salah satu langkah JNE membangun awareness kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga dan mendukung keberadaan UMKM, terutama di masa-masa penuh ketidakpastian seperti saat ini, ketika UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi.
Content Competition 2021 ditujukan untuk para kreator konten serta jurnalis dengan empat kategori lomba yang dapat diikuti, yakni writing competition, video competition, photo competition, dan design competition. Selain kreator konten dan jurnalis, JNE juga mengajak para karyawannya untuk turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.
JNE menyediakan hadiah berupa uang tunai bagi para pemenang di dalam kompetisi ini. Pemenang dalam writing competition bagi jurnalis akan mendapatkan masing-masing Rp10 juta untuk kategori feature news cetak dan online, serta Rp7 juta untuk kategori hard news cetak dan online. Sementara bagi kategori umum, pemenang juara satu akan mendapatkan Rp5 juta, dan Rp3 juta untuk pemenang dari kategori karyawan JNE.
Di video competition, peserta kategori umum berpeluang memenangkan Rp10 juta, lalu bagi karyawan JNE yang menang kompetisi video ini akan mendapatkan Rp3,5 juta. Adapun pada photo competition, pemenang kategori umum akan membawa pulang Rp5 juta, dan karyawan JNE Rp3 juta.
Sementara itu pada design competition, peraih juara satu pada kategori umum akan mendapatkan Rp9 juta, dan bagi karyawan JNE akan mendapatkan Rp3 juta.
Para dewan juri dalam kompetisi ini merupakan tokoh, praktisi, dan para ahli di bidangnya. Sebut saja pegiat literasi dan penulis buku, Maman Suherman (Kang Maman), dan Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas, Paulus Tri Agung Kristanto yang menjadi juri untuk writing competition.
Dalam video competition, yang dipercaya untuk menjadi juri adalah videographer dan Visual Jurnalis Kompas, Eddy Hasby, serta filmmaker dan kreator konten, Anggun Adi. Sementara fotografer dan videographer, Barry Kusuma, dan fotografer profesional, Arbain Rambey menjadi juri photo competition.
Untuk kategori design competition, akan dijurikan oleh Kartunis Harian Rakyat Merdeka, dan Mingguan Kompas, Muhammad Misrad (Mice Cartoon), serta Founder & Creative Director HelloMotion, Wahyu Aditya.
Dengan diselenggarakannya Content Competition 2021 ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa bangkit dan pulih, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya UMKM yang juga diiringi dengan peningkatan penjualan produk-produk UMKM yang kini mudah ditemukan di marketplace maupun di media sosial.
Untuk informasi lebih lanjut terkait Content Competition 2021, dapat langsung mengunjungi laman microsite. (LKE)