Huawei Akan Luncurkan Cip Setelah 2 Tahun Vakum karena Sanksi AS

Fahmi Ahmad Burhan
12 Januari 2022, 10:21
huawei, cip, cip huawei, perang dagang
123RF.com
Ilustrasi. Huawei masuk daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan di AS sejak 2019.

Raksasa teknologi asal Cina Huawei melalui HiSilicon dikabarkan akan meluncurkan cip (chipset) andalannya tahun ini, setelah dua tahun tidak produksi karena sanksi Amerika Serikat (AS).

Rencana Huawei merilis cip baru tahun ini terungkap dalam poster resminya. "Huawei akan bergerak maju di pasar cip sekali lagi pada 2022," demikian isi poster Huawei dikutip dari Gizmochina pada Selasa (11/1).

Advertisement

Nama cip yang akan dipakai Huawei hingga kini masih simpang-siur, apakah akan memakai nama Kirin atau nama baru. Ini karena tidak lama setelah pengumuman poster itu, desas-desus menyebar bahwa cip baru dari Huawei adalah HiSilicon Skylight 800. Namun, Huawei merespons dengan cepat dan membantah rumor tersebut. 

HiSilicon sendiri telah memproduksi berbagai macam cip termasuk prosesor Kirin, yang juga mendukung ponsel buatan Huawei. Sebelum 2019, cip besutan HiSilicon terkenal andal. Kirin menjadi satu-satunya prosesor Tiongkok yang dapat menyaingi kualitas Qualcomm.

Cip HiSilicon Kirin 980 terakhir disematkan di Huawei Mate 20 Pro 2018. Cip itu mengungguli setiap ponsel kelas atas atau flagship pada 2018, termasuk ponsel yang menggunakan Snapdragon 845. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement