Beragam Komponen Biaya Bikin Teknologi Metaverse Milik Raffi Ahmad

Fahmi Ahmad Burhan
6 Juli 2022, 17:44
raffi ahmad, metaverse
Instagram/@raffinagita1717
RANS Entertainment merambah bisnis metaverse

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui RANS Entertainment menggandeng Shinta VR untuk mengembangkan metaverse RansVerse. Berapa biaya yang digelontorkan?

RansVerse merupakan bentuk kerja sama empat entitas. Keempatnya yakni:

  1. RANS Entertainment sebagai pemilik intellectual property RansVerse
  2. VCGamers sebagai pihak penyedia infrastruktur blockchain
  3. Upbanx sebagai penyedia layanan pendanaan bagi influencer
  4. Shinta VR sebagai pengembang platform metaverse

Managing Director Shinta VR Andes Rizky mengatakan, butuh dua hingga 2,5 tahun untuk membangun satu proyek metaverse. Namun, ia tidak memerinci besaran biayanya.

Ia hanya mengungkapkan komponen pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh pengembang. "Biaya ini harus disiapkan mulai dari perencanaan hingga proyek itu jadi," kata Andes dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (6/7).

Komponennya sebagai berikut:

1. Biaya perencanaan dan riset

Sebelum membuat proyek, pengembang harus mengetahui apa saja utilitas dari proyek hingga masing-masing aset virtual. Selain itu, merencanakan pasar yang disasar.

"Apakah hanya Indonesia atau internasional," ujar Andes.

2. Tahap eksekusi

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...