PeduliLindungi Ganti Nama Jadi Satu Sehat, Berapa Jumlah Pengguna?

Desy Setyowati
1 Maret 2023, 07:00
pedulilindungi, satu sehat, kemenkes
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Seorang warga menunjukan aplikasi PeduliLindungi yang telah diinstal pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/1/2021). Selain melacak sebaran COVID-19 di Indonesia, aplikasii buatan Pemerintah Indonesia tersebut digunakan untuk mengecek dan melakukan registrasi ulang bagi calon penerima Vaksin COVID-19.

Aplikasi PeduliLindungi otomatis berubah menjadi Satu Sehat hari ini (1/3). Platform ini sempat memiliki 105 juta pengguna.

“Jumlah pengguna 105 juta. Sekarang status PPKM sudah dicabut, jumlah pengguna sekitar 1 jutaan,” kata Chief Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji kepada Katadata.co.id, dua pekan lalu (14/2).

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Agus Rachmanto menyampaikan, aplikasi PeduliLindungi akan otomatis berubah menjadi Satu Sehat pada 1 Maret.

“Akan otomatis berubah karena kami tidak ingin menyulitkan masyarakat. Jadi kami hanya memberitahukan bahwa ada perubahan. Masyarakat hanya perlu menunggu 1 Maret,” kata Agus dalam siaran pers, Senin (27/2).

Masyarakat tidak perlu mengunduh aplikasi Satu Sehat. Aplikasi PeduliLindungi otomatis berubah menjadi Satu Sehat.

Namun akan muncul notifikasi untuk memperbarui aplikasi atau update. Pengguna juga akan diminta melakukan registrasi ulang.

Aplikasi PeduliLindungi yang berubah menjadi Satu Sehat juga bakal dikembangkan sebagai Citizen Health Apps. “Ini aplikasi kesehatan personal di masyarakat,” katanya.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...