Alasan Investasi Apple di Indonesia Hanya Rp 1,6 T, Vietnam Rp 256,5 T

Desy Setyowati
19 April 2024, 11:35
apple, vietnam, investasi apple
ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/foc.
Salah satu gerai terbesar Apple di Cina yang berlokasi di pusat perbelanjaan internasional kenamaan Sanlitun masih tutup, Beijing, Rabu (18/5/2022).
Button AI Summarize

Investasi Apple di Vietnam  total 400 triliun dong atau sekitar Rp 256,5 triliun sejak 2019 atau jauh lebih tinggi ketimbang Indonesia Rp 1,6 triliun. Apa alasannya?

Apple membangun empat Apple Developer Academy di Indonesia sejak 2018 dengan total investasi Rp 1,6 triliun. Satu Apple Developer Academy memakan biaya Rp 400 miliar.

“Investasi untuk tiga Apple Developer Academy Rp 1,2 triliun. Jika ditambah satu lagi di Bali, maka menjadi Rp 1,6 triliun,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Budi Arie Setiadi kepada Katadata.co.id, Rabu (17/4).

Keempat Apple Developer Academy di Indonesia di antaranya:

  1. Apple Developer Academy di Binus BSD, Serpong, Tangerang
  2. Apple Developer Academy di Universitas Ciputra di Surabaya
  3. Apple Developer Academy di Infinite Learning di Batam
  4. Apple Developer Academy di Bali

Apple belum menyampaikan rencana untuk membangun Apple Store maupun pabrik iPhone di Indonesia. Dengan begitu, belum ada investasi lain di luar Apple Developer Academy.

Namun CEO Apple Tim Cook menyatakan akan mempertimbangkan pembangunan pabrik di Indonesia. Sementara itu, Budi Arie menyampaikan bahwa pembahasan investasi di luar Apple Developer Academy sedang dipertimbangkan oleh raksasa teknologi asal Amerika tersebut.

“Yang lain-lain mereka sedang pertimbangkan. Tapi dari komitmen dan keseriusan, mereka berharap Indonesia terlibat proses produksi dan pengembangan lebih lanjut,” ujar Budi.

Di Vietnam, Apple membangun rantai pasok produk sejak satu dekade lalu. Dengan kedatangan Tim Cook di negara ini pada Senin (15/4), perusahaan mengumumkan akan melipatgandakan investasi pabrik.

Dengan begitu, total investasi Apple di Vietnam sejak 2019 menjadi 400 triliun dong atau sekitar Rp 256,5 triliun.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani, Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...