Lintasarta Kenalkan Agen AI Owlexa, Proses Asuransi dari 5 Menit Jadi 5 Detik

Amelia Yesidora
18 Februari 2025, 18:33
President Director dan CEO Lintasarta Bayu Hanantasena dalam acara IDE Katadata 2025
YouTube IDE Katadata
President Director dan CEO Lintasarta Bayu Hanantasena dalam acara IDE Katadata 2025
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

President Director dan CEO Lintasarta Bayu Hanantasena memperkenalkan agen AI Owlexa AI yang berfokus oada administrasi layanan kesehatan dan asuransi.

"Umumnya penanganan (layanan kesehatan dan asuransi) 5 menit. Kini bisa 5 - 10 detik. Owlexa kami transformasikan menjadi Owlexa AI, dari platform biasa menjadi platform AI,” kata Bayu dalam acara IDE Katadata 2025 di Hotel St. Regis, Jakarta, Selasa (18/2).

Teknologi agen AI dipilih karena lebih efisien, pelatihannya lebih cepat, small language model yang lebih kecil, dan menggunakan resource yang lebih sedikit.

“Jadi prinsipnya (Owlexa AI) seperti manajer,” ujarnya.

Bayu menjelaskan Owlexa AI bisa memproses perintah 60 kali lebih cepat dan menghemat biaya lebih dari 45%. Ia juga menemukan ada peningkatan pengalaman pelanggan alias customer experience.

“Ini masih skala kecil dan masih bisa ditingkatkan. Semakin besar skalanya, maka semakin hemat. Pada akhirnya, kami bisa mendapatkan respons lebih akurat, cepat, dan menghemat biaya,” katanya.

Melansir laman resmi Owlexa Healthcare, Lintasarta menggandeng enam perusahaan asuransi, 28 perusahaan, serta lebih dari 3.800 penyedia layanan kesehatan hingga ke luar negeri.

Layanan Owlexa meliputi proses administrasi jaminan kesehatan, mulai dari administrasi, monitor kasusu hingga pada proses pembayaran tagihan klaim atas biaya pengobatan.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...