Telkomsel Gandeng OpenAI Hadirkan ChatGPT Enterprise di Indonesia
Telkomsel menjalin kerja sama strategis dengan sejumlah pihak termasuk OpenAI untuk menghadirkan solusi berbasis kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dan solusi digital. Kerja sama diteken dalam acara tahunan Solution Day 2025.
“Kami ingin membawa semangat Telkomsel Resolution Day yaitu mengumpulkan semua stakeholder baik itu pemerintah, dunia usaha,dan penyedia solusi digital untuk berbagi pengalaman, dan membangun sinergi demi masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Dian Siswarini, dalam sambutannya di acara Solution Day 2025 di Jakarta Selatan, Kamis (21/8).
Dalam acara yang dihadiri lebih dari 200 perusahaan ini, Telkomsel menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan OpenAI untuk memperkuat kapabilitas kecerdasan buatan (AI). Melalui kerja sama ini, kedua pihak akan mengeksplorasi penerapan solusi AI lintas industri, mulai dari optimalisasi layanan pelanggan hingga inovasi berbasis data.
Telkomsel juga berencana menghadirkan ChatGPT Enterprise untuk mendukung literasi AI di kalangan karyawan serta meningkatkan produktivitas.
ChatGPT Enterprise adalah versi khusus dari ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI untuk kebutuhan bisnis dan organisasi. Produk ini dirancang agar perusahaan dapat memanfaatkan kemampuan AI generatif secara aman, cepat, dan dapat disesuaikan, baik untuk meningkatkan produktivitas karyawan maupun mempercepat proses kerja.
Selain itu, Dian berharap integrasi teknologi OpenAI dapat memperluas akses teknologi AI bagi masyarakat Indonesia dengan dukungan jaringan Telkomsel yang menjangkau hingga pelosok.
Telkomsel juga menjalin kerja sama dengan beberapa mitra lain, di antaranya SCSK untuk layanan jaringan dan PERTAABI untuk mendukung transformasi digital asosiasi.
Dalam acara ini, Telkomsel juga meluncurkan empat inovasi baru:
- Telkomsel QRIS Soundbox: alat pembayaran dengan konfirmasi suara.
- SiteSense: platform location intelligence berbasis big data.
- Telkomsel LinkCar: layanan kendaraan pintar untuk pelacakan dan hiburan.
- Savia: solusi percakapan berbasis AI untuk layanan pelanggan.
Solution Day 2025 juga mendapat dukungan dari mitra global seperti Huawei, Ericsson, ZTE, Tencent, Telin, dan GSMA.
Acara ini menegaskan langkah Telkomsel untuk memperluas adopsi solusi digital dan memperkuat ekosistem transformasi digital di Indonesia.
Kegiatan tersebut juga menghadirkan lebih dari 20 pembicara dari pemerintah, industri, dan perusahaan teknologi, membahas pemanfaatan solusi digital di sektor perbankan, energi, migas, pertambangan, manufaktur, transportasi, logistik, ritel, dan pemerintahan. Selain diskusi, acara ini juga menampilkan lebih dari 30 solusi berbasis AI, 5G, dan data intelligence.
