Tanpa Booster, Tiga Jenis Vaksin Covid-19 Ini Efektif hingga 8 Bulan

Dimas Jarot Bayu
17 Oktober 2021, 17:06
Vaksin Covid 19 Moderna
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Sebanyak tiga vaksin virus corona Covid-19 buatan Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson menunjukkan respons imun yang kuat hingga delapan bulan tanpa booster. Dalam studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada Jumat (15/10), para peneliti menemukan tanda bahwa ketiga vaksin tersebut menghasilkan perlindungan kuat dan tahan lama dari risiko keparahan penyakit.

Meski demikian, analisis tersebut mengisyarakatkan adanya perbedaan produksi antibodi oleh ketiga vaksin tersebut. Antibodi dari vaksin Pfizer dan Moderna melonjak dan kemudian turun dengan cepat. Sementara, antibodi dari vaksin Johnson & Johnson dimulai dari tingkat yang lebih rendah, namun stabil dari waktu ke waktu.

Advertisement

"Pada bulan kedelapan, respons antibodi untuk ketiga vaksin tersebut sebanding," kata Direktur Pusat Penelitian Virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center Dr. Dan Barouch seperti dikutip dari ABC News, Minggu (17/10).

Studi baru ini pun tak hanya membandingkan antibodi, tapi juga sel-T pada ketiga vaksin. Sel-T merupakan bagian penting dari sistem kekebalan dan kemungkinan menawarkan perlindungan yang lebih tahan lama, bahkan setelah antibodi turun.

Jika antibodi kerap kali dikaitkan pencegahan infeksi, maka sel-T lebih relevan terhadap upaya membunuh virus. Selain itu, respons sel-T diperkirakan berkontribusi terhadap proteksi vaksin terhadap penyakit yang parah.

"Respons sel-T relatif stabil untuk ketiga vaksin selama delapan bulan ke depan," kata Barouch.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement