Usai Penantian 19 Tahun, Indonesia Juara Thomas Cup 2020

Dimas Jarot Bayu
17 Oktober 2021, 22:43
Indonesia menjuarai Thomas Cup 2020 usai mengalahkan Tiongkok 3-0. Jonatan Christie berhasil memastikan kemenangan Indonesia setelah mengalahkan Li Shi Feng.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Indonesia menjuarai Thomas Cup 2020 usai mengalahkan Tiongkok 3-0. Jonatan Christie berhasil memastikan kemenangan Indonesia setelah mengalahkan Li Shi Feng.

Indonesia menjuarai turnamen bulu tangkis Thomas Cup 2020 usai mengalahkan juara bertahan Tiongkok 3-0 dalam laga final di Ceres Arena, Denmark pada Minggu (17/10). Gelar tersebut diperoleh Indonesia setelah 19 tahun lamanya. Skuad Garuda terakhir kali menjuarai Thomas Cup pada 2002 lalu setelah mengalahkan Malaysia 3-2 di Guangzhou, Tiongkok.

Poin pertama Indonesia diberikan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal pertama) setelah mengalahkan Lu Guang Zu yang berada di urutan ke-27 dalam waktu 77 menit. Ginting sempat kalah di gim pertama dengan skor 18-21 lantaran bermain dengan tidak nyaman.

Kepercayaan diri Ginting mulai muncul di gim kedua dan akhirnya berhasil menyusul dengan skor 21-14. Di gim ketiga, Ginting berhasil menumbangkan Lu dengan skor 21-16.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda pertama) menyumbang kemenangan kedua setelah mengalahkan pasangan baru He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan durasi 43 menit. Pertarungan sengit antara kedua pasangan sudah terjadi sejak gim pertama.

He/Zhou kerap memimpin di poin-poin awal, tapi dominasi mereka hanya berlangsung hingga kedudukan imbang 8-8. Setelahnya, Fajar/Rian berbalik mencuri enam poin tanpa balas dan terus menambah angka hingga memenangkan gim pertama dengan skor 21-12.

Pada gim kedua, He/Zhou lagi-lagi memimpin di poin-poin awal, tapi Fajar/Rian mampu mengejar kedudukan menjadi 7-7. Kedua pasangan pun kembali berebut poin-poin berikutnya.

Meski demikian, setelah menyentuh skor 16-16, pasangan baru Tiongkok itu gagal mengembalikan bola-bola dari Fajar/Rian. Wakil garuda berhasil unggul hingga memenangkan laga dengan skor 21-19.

Jonatan Christie (tunggal kedua) memastikan kemenangan Indonesia setelah mengalahkan Li Shi Feng dalam waktu 81 menit. Jojo tampil prima di poin-poin awal dan memperlebar jarak 13-6, sebelum Li memperkecil selisih menjadi 13-14.

Sayangnya, Li tak mampu menambah poin untuk mengungguli lawannya. Alih-alih, Jojo kian unggul dan memenangkan gim pertama dengan skor 21-14.

Di gim kedua, Jojo terus tertinggal sejak awal setelah kedudukan imbang 1-1. Jojo banyak membuat kesalahan sendiri dengan bola yang keluar. Li juga kerap membuat Jojo mati langkah, sehingga ia merebut gim kedua dengan skor 21-18.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...