Besok, DPR Gelar Sidang Paripurna untuk Sahkan Panglima TNI Andika

Dimas Jarot Bayu
7 November 2021, 19:33
panglima tni, andika perkasa, sidang dpr
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI Ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Rapat paripurna tersebut beragendakan penyampaian tanggapan pemerintah terhadap pandangan Fraksi-Fraksi atas RUU tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas RUU APBN TA 2020 dan penyampaian tanggapan pemerintah terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas RUU APBN TA 2022 beserta Nota Keuangan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat paripurna untuk pengambilan keputusan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Senin (8/11). Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyahari mengatakan, Andika bakal diundang ke rapat paripurna untuk mengikuti agenda pengambilan keputusan tersebut.

"Rapat paripurna DPR dilaksanakan Senin (8/11) pukul 10.00 WIB," kata Kharis usai mengunjungi kediaman Andika di Jakarta, sebagaimana melansir dari Antara, Minggu (7/11).

Rencana rapat paripurna tersebut dilakukan lantaran Komisi I DPR telah menyelesaikan proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada Sabtu (7/11). Selain itu, Komisi I DPR telah melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi kediaman Andika pada sore ini.

Ada 12 anggota Komisi I DPR dan delapan perwakilan fraksi yang mengikuti verifikasi faktual. Sementara, perwakilan fraksi PPP berhalangan hadir karena sedang sakit.

Kharis mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk silaturahmi dan memastikan Andika memang tinggal di tempat yang disebutkan dalam dokumen fit and proper test. Lebih lanjut, Kharis menyebut kunjungannya hanya membahas hal-hal ringan, seperti hobi, olahraga, dan makanan.

"Kami sudah berkunjung dan kami membuktikan betul bahwa Pak Andika memang tinggal di sini. Hanya itu saja," kata Kharis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengusulkan Andika menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada 8 November 2021. Usulan tersebut disampaikan lewat surat presiden yang disampaikan kepada DPR pada Rabu (3/11).

"Presiden hanya mengajukan satu calon untuk mendapatkan persetujuan DPR. Presiden menyampaikan usulan calon atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...