Image title
23 Februari 2021, 20:46

Video: Bisakah Virus Corona Menular Melalui Air Banjir?

Curah hujan yang tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Jabodetabek terendam banjir. Hujan yang tak kunjung berhenti sejak Sabtu (20/2/2020) dini hari hingga pagi, membuat rumah-rumah terendam banjir bahkan ketinggian air mencapai 1 meter.

Kondisi ini cukup meresahkan warga, terlebih di masa pandemi virus corona. Muncul pertanyaan apakah air banjir yang kotor dapat membawa virus corona sekaligus menularkannya? Sebelumnya WHO mengungkapkan ada dua jalur utama penularan Covid-19, yaitu droplet penderita dan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Sejauh ini WHO menyatakan, belum terbukti secara ilmiah kalau Covid-19 melalui saluran air dan air kotor. Penelitian juga mengungkapkan kalau virus corona langsung mati di air pembuangan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.