Seleksi Pameran Kriya di AS Syaratkan Produk Ramah Alam

Dini Hariyanti
11 Februari 2019, 17:55
mebel kayu jati
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Pekerja menyelesaikan pembuatan kerajinan dari limbah mebel kayu jati di sebuah industri rumahan di Desa Klampok, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (24/11).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar program IDentities untuk menyaring produk kriya jelang keikutsertaan Indonesia dalam New York (NY) Now pada 11 - 14 Agustus 2019. Produk yang mereka ajukan harus berkualitas ekspor, orisinil, dan ramah alam.

Kepala Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak mengatakan, selain mengutamakan estetika maka produk kriya juga perlu mengeksplorasi sumber baru bahan baku. "Desain hebat juga peduli terhadap lingkungan," ujarnya mengutip dokumen IDentities Bekraf, Senin (11/2).

(Baca juga: Pameran di Jerman, Produsen Kriya Incar Pembeli Potensial dari Eropa

Kriteria utama adalah karya harus orisinil. Selain itu, produk yang didaftarkan berbahan ramah lingkungan, berkarakter khas Indonesia, menggunakan bahan lokal (material, tenaga ahli, dan pekerja), memiliki latar belakang sejarah, serta mencantumkan deskripsi konsep desain yang diusung.

Pendaftaran program IDentities berlangsung pada 9 - 25 Februari 2019 melalui laman www.bekraf.go.id/nynow. Tidak semua produsen kriya yang akan tampil dalam NY Now difasilitasi Bekraf. Ada pula yang diboyong oleh kementerian/lembaga lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...