Hindari Nuansa Politik, Megawati Tak Pakai Angka Dua Saat Sebut Usia

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut usianya bukan 72 melainkan 70 plus satu plus satu.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
23 Januari 2019, 21:55
Megawati
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahun ke-72 mengundang sejumlah tokoh negara. Ketua Umum PDI Perjuangan ini menyebut usianya bukan 72 melainkan 70 plus satu plus satu.

"Salahnya, kok ulang tahun pada tahun politik," ujarnya, di Jakarta, Rabu (23/1). (Baca juga: Megawati Akan Sterilkan PDIP dari Kader Karbitan

Perayaan ulang tahun Megawati dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Joko Widodo (Jokowi) meniru tuturan Megawati saat mengucapkan selamat sembari mendoakan kesehatannya. "Saya sampaikan selamat ulang tahun 70 plus satu plus satu untuk ibu Mega," kata Jokowi.

Angka dua (02) kerap diidentikkan dengan nomor urut Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam pemilihan presiden 2019. Pasalnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin mendapatkan nomor urut satu (01). (Baca juga: Debat Perdana Pilpres 2019 Dinilai Antiklimaks)

Selain menyinggung politik, Megawati juga sempat menyinggung aktivitas kesenian sekaligus para pelakunya yang sebagian besar pemuda. Dia mengaku mengetahui akar aliran musik hiphop dan rap. Keduanya lahir dari pemberontakan masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat yang mengalami diskriminasi.

"Kayaknya saya nenek-nenek milenial ya. Saya bilang (karena) punya tujuh cucu milenial," kata dia. (Baca juga: 13 Bandara AP II Jadi Destinasi Wisata Digital untuk Milenial

Megawati mengingatkan agar anak muda tak mudah melempar ekspresi kebencian bahkan hoaks. Menurutnya, ekspresi negatif seperti ini sekarang kerap muncul di ruang publik. "Tolong bersikap dewasa, matang, dan tanggung jawab sebagai Indonesia," katanya.

Perayaan ulang tahun Megawati diisi pertunjukan musik selama satu jam. Sanggar Swara Gembira tampil menghibur undangan. Pada akhir acara, dia sempat memberikan biografinya berjudul "The Brave Lady" ditulis Kristin Samah kepada Jokowi dan Jusuf Kalla. 

Reporter: Ameidyo Daud Nasution

Video Pilihan

Artikel Terkait