Peluang Usaha Terbuka, Ini Opsi Sumber Modal Kedai Kopi

Dini Hariyanti
15 Januari 2019, 17:00
Kopi Gayo
Donang Wahyu | KATADATA
Kopi Gayo KATADATA | Donang Wahyu

Para pegiat industri kopi di lini hulu maupun hilir sepakat bahwa peluang usaha kedai terus terbuka walaupun jumlah pemain semakin meningkat. Siapapun yang tertarik terjun ke bidang ini harus memiliki rencana bisnis matang terutama soal modal.

Wakil Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia Daroe Handojo berpendapat, peningkatan persaingan usaha kuliner minuman berbasis kopi tidak mempengaruhi peluang bisnis yang ada. Apalagi, peminum kopi spesial belum sampai 5% dari total konsumen domestik artinya potensi pasar domestik tetap besar.

"(Pengusaha) yang penting tahu pasar mana yang dibidik, manajemen dijalankan benar. Jangan jual kemahalan dan jangan kemurahan," kata Daroe kepada Katadata.co.id, di Jakarta, belum lama ini. (Baca juga: Bisnis Kreatif Perlu Formula Insentif Tersendiri

Selain menganalisis peluang usaha, perlu juga memastikan kecukupan modal untuk memulai bisnis kedai kopi. Modal digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti pengadaan aset tetap, peralatan, perlengkapan, hingga biaya operasional.

Data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan beberapa opsi sumber permodalan, yaitu modal sendiri, patungan, pinjaman bank atau lembaga keuangan bukan bank, modal ventura, serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Modal patungan berasal dari beberapa pihak yang bersedia diajak patungan. Siapapun yang menjadi mitra patungan sebaiknya dibuatkan surat kontrak kerja sama. Tujuannya agar secara hukum hubungan antarpihak terkait penyertaan modal tetap aman.

(Baca juga: Sebelum Membuat Rencana Bisnis Pastikan Punya Tiga Hal Ini)

Pendanaan dari bank maupun lembaga keuangan bukan bank juga bisa diakses, salah satu opsi adalah kredit usaha rakyat (KUR). Tentu calon debitur harus memenuhi berbagai persyaratan yang ada. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...