10 Film Adaptasi Buku Diprediksi Menang Oscar 2019

Dini Hariyanti
11 Januari 2019, 23:00
Bioskop
Katadata

Gramedia memprediksi sejumlah film adaptasi buku yang bakal masuk nominasi Academy Awards ke-91 alias Oscar 2019. Penerbit buku ini menyebutkan sepuluh judul melalui laman resminya www.gramedia.com.

1. First Man

Advertisement

Film ini hasil adaptasi buku karya James R. Hansen berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong. Secara garis besar, buku dan filmnya menceritakan perjalanan Neil ke bulan dengan segala permasalahannya. Dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai Neil Armstrong.

First Man cukup banyak dijagokan menjadi salah satu nominasi Academy Awards. Situs IMDB dan www.thrillist.com meyakini film ini masuk ke beberapa kategori, yaitu sutradara terbaik, aktor terbaik, dan skenario adaptasi terbaik. (Baca juga: Tiga Film Bioskop Terlaris Masuk Nominasi Piala Maya)

2. Boy Erased

Film ini diadaptasi dari novel karya Garrard Conley berjudul Boy Erased: A Memoir of Identity, Faith, and Family. Berkisah tentang seorang anak pendeta yang mengungkapkan bahwa dirinya penyuka sesama jenis. Dia kemudian dikirim ke sebuah program bernama Love in Action, diperuntukkan bagi mereka yang ingin memerbaiki orientasi seksualnya.

Film ini dijagokan banyak situs. Nicole Kidman, pemeran pendukung wanita film ini, diyakini masuk jajaran kategori aktris pendukung terbaik Oscar tahun ini. Begitu pula untuk lagu yang ada, Revelation, diprediksi masuk nominasi kategori lagu orisinil film terbaik.

3. The Front Runner

Film arahan sutradara Jason Reitman ini diangkat dari buku berjudul All the Truth Is Out: The Week Politics Went Tabloid karya Matt Bai. Berkisah kehidupan Gary Hart pada 1988. Saat itu, dia harus menjalani tugas sebagai senator yang mau tidak mau juga harus menghadapi para pewarta yang kerap menjadikannya obyek pemberitaan.

The Front Runner dianggap mampu bersaing dengan film besar lainnya. Contohnya, seperti dilansir dari www.instyle.com bahwa film ini diprediksi masuk nominasi Oscar kategori film terbaik dan aktor terbaik.

4. Crazy Rich Asians

Dianggap menjadi salah satu film alternatif yang membawa angin segar, Crazy Rich Asians, diprediksi beberapa situs masuk kategori film adaptasi terbaik dan aktris pendukung terbaik. Hasil adaptasi novel berjudul sama karya Kevin Kwan ini membawa kisah cinta super mewah kaum jetset Tionghoa di Singapura.

Crazy Rich Asians akan dibuat sekuel, sesuai bukunya yang merupakan trilogi. Semua tetap menceritakan kisah cinta kaum jetset di Asia. (Baca juga: Film Aquaman Meraup Rp 12,6 Triliun Secara Global

5. Mary Poppins Returns

Apalagi kalau ceritanya bukan tentang wanita pengasuh anak yang datang ke sebuah keluarga dan menggunakan kekuatan sihir untuk mengatasi masalah. Inti cerita film ini merupakan hasil adaptasi buku berseri dengan judul sama karya PL Travers.

Film ini digadang-gadang akan masuk beberapa kategori inti Oscar 2019, seperti aktris terbaik dan film terbaik. Belum lagi film ini juga diprediksi akan masuk dalam kategori kostum terbaik dan visual efek terbaik.

6. BlacKkKlansman

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement