Aksi Pemulihan Wisata Banten Pascatsunami Berlangsung 3 Bulan

Dini Hariyanti
10 Januari 2019, 12:00
Tsunami Selat Sunda
ANTARA FOTO/Aurora Rinjani
Para korban yang selamat menjaga harta benda tersisa di Sumur Pesisir, Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyiapkan rencana aksi untuk mempercepat pemulihan pariwisata Banten dan Lampung pascatsunami Selat Sunda. Upaya pemulihan berlangsung pada 11 Januari - 12 April 2019, berlanjut ke program normalisasi pada 12 April - 31 Desember tahun ini.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti mengatakan, rencana aksi tersebut fokus kepada pemulihan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan pariwisata, strategi promosi destinasi wisata yang terdampak, serta pemulihan lokasi tujuan wisata tersebut.

Advertisement

"Masing-masing deputi Kemenpar menyiapkan rencana aksi dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait serta pelaku bisnis pariwisata. Akan dikoordinasikan melalui rakor strategi pemulihan wisata Selat Sunda di Anyer, 11 Januari," tuturnya mengutip Antara, Kamis (10/1).

(Baca juga: Menpar Siapkan Tiga Strategi Pemulihan Pariwisata Banten)

Rapat koordinasi (rakor) tersebut juga akan melibatkan pemerintah daerah (pemda) Provinsi Banten dan Lampung. Usulan dari pelaku bisnis di bidang pariwisata setempat akan diakomodir melalui rakor ini.

Adella Raung selaku Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar menyebutkan, terdapat 23 kegiatan selama masa pemulihan baik dalam maupun luar negeri, sebanyak 20 acara di Tanah Air dan tiga lainnya di Malaysia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement