Sandiaga-Prabowo Menang Pilpres, Pajak UMKM Digital Nol Persen

Dimas Jarot Bayu
10 Januari 2019, 06:29
Sandiaga Uno Melapor Harta Kekayaan ke KPK
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Bakal calon wakil presiden Pilpres 2019 Sandiaga Uno (kanan) tiba di gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/8). Sandiaga menyambangi KPK untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai salah satu syarat untuk verifikasi KPU sebagai calon peserta Pilpres 2019.

Sandiaga Uno menjanjikan tarif pajak nol persen bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang teknologi digital jika memenangkan Pilpres 2019. Ini juga akan dikenakan kepada pengusaha yang sedang transisi ke digital atau industri 4.0.

Calon wakil presiden nomor urut 02 itu menyatakan, tarif pajak nol persen bakal diterapkan selama dua tahun pertama. "Sehingga mereka akan terbantu pada tahun pertama beradaptasi di teknologi digital," kata Sandiaga di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jakarta, Rabu (9/1).

Wacana tersebut ditujukan untuk meningkatkan jumlah wajib pajak baru. Pasalnya, pelonggaran pajak dapat membantu UMKM mengembangkan skala bisnis. Rencana pajak nol persen ini akan diperluas kepada korporasi secara keseluruhan.

Sandiaga menyatakan, tim ekonomi Prabowo-Sandiaga tengah mengkaji dampak wacana tersebut lebih jauh. "Rencananya lagi akan difinalisasi," katanya. (Baca juga: Penerimaan Pajak 2018 Tumbuh 15%, Pengelolaan APBN Dinilai Kredibel)

Guna meningkatkan rasio pajak, Prabowo-Sandiaga juga hendak menurunkan pajak penghasilan perorangan (PPh 21). Apabila menang Pilpres, pasangan calon ini juga akan menaikkan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) perorangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...